Menyusun Kata

Diary klub anak; cara menyusun kata dengan bermain games.

Sabtu, 27 Agustus 2016. Sama halnya menonton, bermain games adalah kegiatan yang selalu anaka-anak tunggu-tunggu. Permainan yang akan mereka mainkan adalah Menyusun Kata. Beberapa cerita anak yang saya cetak, lalu saya gunting menjadi per kata.

Anak-anak saya bagi menjadi 3 kelompok. Mereka memilih anggota dan ketua kelompok masing-masing. Dari potongan kata-kata yang saya sudah saya gunting, saya membagi itu pada 3 kelompok. Masing-masing kelompok mencari kata-kata kemudian menyusunnya menjadi sebuah kalimat yang berisi Subjek, Kata Kerja, Objek, Keterangan Waktu atau Tempat.

img_1614

Cara mainnya adalah; masing-masing kelompok berbaris ke belakang. Satu per satu dari mereka mengambil kata dan menyusunnya dengan kata yang berhubungan dari kata sebelumnya. Kemudian mereka menulisnya di papan tulis. Logika kalimat juga harus mereka perhatikan.

Beberapa anak menemukan kesusahan mencari kata yang tepat untuk menjadikannya sebuah kalimat, beberapa anak sangat kompak menyusun kata dan melakukannya dengan sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *