Manfaat Membaca Untuk Anak-anak

Diary klub membaca anak; manfaat membaca bagi anak.

Sabtu, 22 Oktober 2016. Untuk membuat anak-anak suka dan konsisten membaca buku sangat sulit. Itu sebabnya kenapa saya tidak selalu meminta mereka membawa atau membeli buku bacaan.

Kegitan ini saya buat se-variatif mungkin supaya anak-anak tidak bosan, selama kegiatan ini berhubungan dengan membaca, menulis, kata-kata, dan segala yang berhubungan dengan literasi. Namun saya baru sadar bahwa dari awal kegiatan Reading Club ini saya tidak pernah memberi mereka bacaan atau artikel tentang manfaat membaca. Saya hanya memberitahu melalui lisan, berkali-kali ketika mereka mulai malas dan bosan membaca.

Jadi, pada pertemuan kali ini saya memberikan mereka 2 lembar kertas yang berisi tentang manfaat membaca secara umum.

Pada pertemuan sebelumnya, saya pernah meminta mereka menulis kata-kata yang mereka tidak tahu dari bacaan yang mereka baca. Dan setelah itu, tiap kali saya memberi bacaan, mereka sudah mulai “sadar” kata-kata yang mereka tidak tahu dan bertanya pada saya. Itu membuat saya senang 🙂 Seperti biasanya, setelah mereka selesai membaca. saya bertanya apa yang mereka dapat dari bacaan tersebut.

Beberapa anak paham dengan menceritakan ulang dengan bahasa yang singkat, beberapa anak hanya memiliki sedikit ide tentang bacaan itu. Kemudian kami membahas masing-masing poin dari manfaat membaca.

Salah satu manfaat membaca adalah menambah pembendaharaan kata. Tentunya, saya bertanya kosakata baru apa yang mereka dapatkan dari membaca. Dengan gaya “keroyokan’ anak-anak langsung merespon pertanyaan saya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *