Membiasakan Membaca Buku

Diary klub membaca anak; bagaimana membiasakan buku pada anak.

Sabtu, 14 Januari 2017. Kegiatan Reading Club anak-anak semester 2 ini sudah dimulai lagi. Pada pertemuan sebelum-sebelumnya anak-anak hanya membaca dengan isi bacaan yang berbeda-beda. Tak ada kegiatan lain selain membaca.

Ketika mereka libur, saya tidak membebaskan mereka untuk berhenti membaca. Selama liburan, anak-anak harus membaca minimal 3 buku. Mereka boleh membaca novel, komik, majalah, koran, atau apapun yang berbentuk bacaan. Dan pada hari ini saya bertanya pada mereka melakukan apa yang saya pinta. Beberapa anak melakukan itu, beberapa yang lain lupa karena terlalu asyik dengan games di smartphone milik orangtua mereka. Tak apa.

Seperti biasa, setiap awal pertemuan kegiatan ini selalu diisi dengan membaca buku yang mereka bawa. Kemudian kami memilih buku salah satu anak yang akan kami baca secara estafet atau mereka baca satu per satu.

Mulai minggu ini, saya meminta anak-anak untuk membaca 1 buku (bacaan apapun) tiap minggunya. Di tiap Sabtu nya akan saya tanya bacaan apa yang sudah mereka baca. Anak-anak (dan mungkin setiap orang) hanya butuh pembiasaan dan perintah juga peringatan yang berulang untuk melakukan sesuatu, dalam hal baik ataupun hal buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *