Membaca Biografi Walt Disney

Diary klub membaca anak; membaca biografi Walt Disney.

Sabtu, 4 Februari 2017. Membaca cerita, dongeng, kisah inspiratif, puisi, pantun, ilmu pengetahuan, dan drama sudah anak-anak Reading Club lakukan. Saya memikirkan bacaan apa lagi yang bisa mereka baca. Kemudian muncul ide untuk membaca biografi tokoh dunia. Saya memilih Walt Disney sebagai tokoh yang biografinya akan menarik bagi anak-anak baca.

Sebelum memberikan kertas yang berisi artikel biografi Walt Disney, saya bertanya pada anak-anak apakah mereka mengenal Walt Disney. Mereka mengenalnya dan menjawab beberapa film yang  sudah mereka tonton yang diproduksi oleh Disney. Bahkan ada salah satu anak ingat, dari film Like Stars On Earth  bahwa Walt Disney adalah salah satu tokoh besar yang mengidap penyakit Disleksia. Dengan begitu, saya pikir saya tidak salah memilih Walt Disney sebagai bacaan biografi perdana yang saya berikan pada mereka 🙂

Anak-anak tidak hanya membaca artikel itu, namun ada tugas lain yang harus mereka lakukan setelah membacanya. Isi artikel yang saya berikan sebanyak 5 lembar, jadi mereka tidak membaca sendiri-sendiri. Saya meminta mereka untuk membaca artikel itu masing-masing berdua dan belajar mengerjakan tugas dengan cara kerja tim.

Setelah membaca, mereka harus membuat 3 pertanyaan juga jawaban yang akan mereka ajukan pada teman-teman yang berbeda kelompok berdasarkan artikel yang sudah mereka baca. Dengan cara ini mereka belajar membuat pertanyaan sekaligus jawaban dari suatu wacana yang ada. Pertanyaan yang bisa mereka gunakan diawali dengan kata apakah, bagaimana, mengapa, siapa, di mana, berapa/kah dan kata lain yang bisa mereka gunakan untuk membuat pertanyaan.

Sebagian anak paham dan dengan sangat mudah membuat pertanyaan-pertanyaan simpel, namun ada beberapa anak yang sangat sulit membuat pertanyaan. Dari cara mereka membuat dan menjawab pertanyaan dari masing-masing anak, saya bisa tahu apakah mereka membaca dengan benar, paham, dan ingat apa yang mereka baca atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *