Before I Wake (2016)

Before I Wake merupakan film horor fantasi Amerika. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Mike Flanagan dan ditulis oleh Mike Flanagan dan Jeff Howard.

Before I Wake diawali dengan adegan seorang yang laki-laki yang berdiri di depan pintu kamar seorang anak laki-laki berusia 8 tahun, Cody Morgan (Jacob Tremblay), yang sedang tidur di kamarnya yang gelap. laki-laki tersebut memegang senapan, lalu menarik pelatuknya dan mengarahkan senapan itu pada Cody. Seketika itu berbunyi suara letupan senjata. Namun bukan Cody yang terbunuh, melainkan laki-laki tersebut.

Cody seorang anak yatim piatu. Sepasang suami istri, Mark Hobson (Thomas Jane) dan Jessie Hobson (Kate Bosworth), mengadopsi Cody. Pasangan itu baru saja kehilangan anak laki-lakinya, Sean (Antonio Evan Romero), yang meninggal di bathtub atau bak mandi dan tak terselematkan. Usia Sean sama dengan usia Cody dan kedatangan Cody membuat perasaan mereka senang dan sedikit gugup. Cody termasuk anak yang memiliki sopan santun dan baik. Ia selalu membawa sebuah kotak dan tak boleh ada yang tahu apa isi di dalamnya. Kotak tersebut ia sembunyikan di bawah tempat tidurnya.

Suatu malam Cody terlelap. Sedangkan Jessie dan Mark masih terjaga di ruang tamu. Di ruang itu tiba-tiba muncul kupu-kupu cantik dengan warna-warna yang berbeda. Mark berusaha menangkap 1 dari banyaknya kupu-kupu untuk Cody karena ia tahu bahwa Cody sangat menyukai kupu-kupu. Namun ketika Cody bangun dari tidurnya, kupu-kupu itu tiba-tiba hilang.

Malam berikutnya, Cody tertidur. Puluhan kupu-kupu muncul lagi di ruang tamu. Kemudian puluhan kupu-kupu tersebut tiba-tiba menyerupai bentuk Sean. Jessie sangat senang karena bisa melihat anaknya. Ketika Jessie ingin memeluk Sean, Cody bangun dan kupu-kupu tersebut hilang, begitu juga dengan Sean. Singkat cerita, kupu-kupu tersebut muncul pada saat Cody tidur.

Jessi dan Mark sangat menyukai Cody. Mereka mulai menyayanginya, Jessie membacakan buku sebelum tidur, dan benar-benar tahu bahwa Cody sangat menyukai kupu-kupu dari buku ensiklopedia yang ia miliki. Jessie juga sangat khawatir bila Cody sedang mandi di bathtub. Ia takut hal yang sama terjadi Cody.

Selama beberapa malam Cody tak tidur, dan malam itu tak ada kupu-kupu muncul sebagaimana diharapkan oleh Jessie untuk melihat penampakan Sean. Karena Cody tak tidur, di kelas ia tak bisa menahan rasa kantuknya, lalu tertidur. Namun sebelum ia tertidur, ia menggambar sesuatu yang ia sebut Cankerman. Pada saat Cody terlalap, tiba-tiba muncul sesosok makhluk datang menyerang salah satu teman Cody yang merundungnya. Cody terbangun dan mendapatkan kabar bahwa temannya menghilang.

Saat Cody sekolah, Jessie mencari tahu apa isi dalam kotak yang Cody sembunyikan sejak awal. Ia membuka kotak tersebut yang berisi semacam minuman berkafein yang membuat Cody terjaga.

Akhirnya, Jessie memahami bahwa keadaan terjaga Cody berhubungan dengan kupu-kupu. Menyadari Cody memiliki gift, Jessie memanfaatkan keadaan tersebut. Ia menginginkan Cody terlelap setiap malam agar ia bisa bertemu dan memeluk Sean. Namun malam itu bukan Sean yang muncul, melainkan makhluk yang Cody sebut Cankerman muncul dan membawa Mark. Sejak kejadian itu dan kejadian di sekolah, Cody tak ingin tidur lagi. Keadaan tersebut membuat fisik Cody memburuk.

Cody dibawa ke rumah sakit dan dirawat. Sementara itu, Jessie mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Cody dan menyelesaikan masalah dan beberapa kasus yang berhubungan dengan Cody. Ia menelisik lebih jauh kehidupan Cody sebelum ia dan Mark mengadopsinya.

Sebelum meninggal, ibu Cody mengatakan sesuatu pada Cody:

I always be with you.”

Kata-kata itu melekat kuat di pikiran Cody.

 

Cerita horor yang ditampilkan dalam Before I Wake tak terlalu menyeramkan dan sedikit membingungkan pada akhir ceritanya tentang Cankerman. Sesuai dengan genrenya yaitu horor fantasi, barangkali beberapa cerita memang dibuat seperti. Namun satu hal yang bisa saya ambil dari film ini adalah:

Sesuatu bisa terjadi disebabkan oleh apa yang ada di pikiran kita. Apa yang kita takutkan, kadang hanya sesuatu yang muncul dari pikiran dan tidak benar-benar nyata.”

Baris kalimat diatas mengacu pada sosok Cankerman.

Nilai: 4/5