The Crossbreed (2018)

The Crossbreed merupakan film bergenre horor thriller. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Biray Dalkiran. Ide cerita The Crossbreed menggabungkan cerita mistis dengan keagamaan dan kepercayaan.

The Crossbreed menceritakan tentang sepasang kekasih Amy (Angela Durazo) dan John (Nathan Schellerup) yang bekerja sebagai seorang jurnalis. Mereka ditugaskan meliput suatu tempat yang memiliki cerita tentang legenda crossbreed atau anak keturunan, dalam cerita ini merupakan anak keturunan iblis.

Sebelum mereka berangkat ke tempat tersebut, Amy memeriksa dirinya yang sedang hamil anak kembar dengan usia janin 14 minggu. Bukannya senang, ia malah berniat mengaborsi janinnya. Dokter yang memeriksanya tentu keberatan dengan niat Amy. Namun Rose (Katy Bentz), teman Amy, justru malah membantu niat Amy mengaborsi janin tertsebut.

Tanpa sepengetahuan John, Amy menjalankan aborsi yang dibantu oleh Rose dan teman laki-laki yang mengaku seorang ilmuwan dan dokter hewan. Awalnya Amy ragu melakukan aborsi dengan bantuan seseorang yang bukan ahli di bidangnya. Namun bodohnya Amy, ia terpedaya oleh Rose juga laki-laki tersebut.

John baru mendapatkan kabar dari dokter yang memeriksa Amy bahwa Amy sedang hamil. Ia nampak sangat bahagia akan menjadi seorang ayah.

Setelah Amy melakukan aborsi, hal-hal aneh mulai menghampirinya, dari mimpi buruk sampai hal-hal horor yang muncul di hadapannya. Ia selalu merasa bersalah dan bertanya pada Rose “Apakah Tuhan mengampuniku?”. Dengan enteng Rose menimpali, “Ya, Tuhan maha pengampun.”

Pada saat John dan Amy mendatangi tempat mistis tersebut, Amy masih menyembunyikan apa yang terjadi dan apa yang sudah ia lakukan terhadap janinnya. Ia tidak menceritakan apapun pada John. Sesampainya di tempat yang dituju, mereka bertemu seorang pendeta dan seorang perempuan yang bernama Maria (Malinda farrington), juga seorang laki-laki tua bernama William (Lou Cariffe) yang menceritakan banyak hal tentang asal mula tempat tersebut tentang Lilith, bayi lilith, atau iblis.

Pada Amy, William menceritakan bahwa:

“Lilith dan keluarga Adam berperang, kehancuran darah dan kelahiran, mereka ingin mendominasi dunia. Lalu mereka membuat kesepakatan. Kesepakatan ini bertahan selama berabad-abad. Hanya seorang wanita crossbreed yang bisa melahirkan anak kembar. Itu adalah tanda dari tuhan. Dan hanya ada satu bayi yang cukup kuat untuk bertahan hidup. Tapi tak ada yang tahu bayi yang mana. Iblis menipu semua orang. Lilith merasuki keluarga Adam dan membunuh mereka semua. Iblis mencuci otak wanita-wanita itu membuat mereka membunuh bayi mereka. Iblis menyuruh aborsi. Dan abosri adalah perbuatan jahat.”

Di awal cerita, saya pikir konsep cerita film ini sama dengan film The Lullaby (2018) , yaitu menggabungkan cerita horor dengan ilmu kejiwaan yang ditunjukkan oleh sikap bersalah Amy sebelum dan sesudah melakukan aborsi, tapi ternyata tidak. Cerita film ini menggabungkan hal mistis dengan konsep ketuhanan dan kepercayaan (agama Kristiani dan kitabnya). Legenda crossbreed dihubungkan dengan awal mula kisah munculnya Adam, Hawa, anak keturunan mereka, dan iblis (versi Injil).

Meskipun ada beberapa adegan yang tak penting menurut saya dan bukan cerita horor yang menyeramkan, namun cerita The Crossbreed cukup menarik. Akhir cerita film ini cukup mengecoh penonton dengan terungkapnya karakter John yang sebenarnya.

Nilai: 3/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *