Backstabbing For Beginners (2018)

Backstabbing For Beginners merupakan film politik thriller yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Film bergenre drama, sejarah, thriller ini diadopsi dari kisah Michael Soussan dengan tulisannya yang berjudul Backstabbing For Beginners: My Crash Course in International Diplomacy.

Backstabbing For Beginners disutradarai oleh Per Fly yang  juga ditulis oleh Per Fly dan Daniel Pyne. Film ini dibintangi oleh si ganteng Theo James dan Ben Kingsley.

Backstabbing For Beginners dibuka dengan video lagu arab yang terdengar seperti lagu qasidah, dengan gambar Saddam Hussein dan masyarakat Iraq di dalamnya. Dan pastinya cerita film ini berhubungan dengan kehidupan warga Iraq di era Saddam Hussein.

Backstabbing For Beginners menceritakan tentang pengungkapan skandal korupsi Program Minyak Untuk Pangan Iraq yang terjadi di PBB. Alur cerita Backstabbing For Beginners maju mundur. Waktu dan tempat di awal cerita pada September tahun 2003  di New York, kemudian mundur ke tahun 2002 untuk menceritakan kisah Michael Sullivan (Theo James) sebelum menjadi Investment Bank di Wall Street.

Michael Sullivan (Theo James), 24 tahun, selalu ingin menjadi seperti ayahnya yaitu seorang diplomat. Setelah 4 kali melamar pekerjaan di Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), dengan menjawab wawancara alasan mengapa ia ingin bekerja di PBB menjadi seorang diplomat:

Aku hanya tidak ingin terbangun saat aku berusia 40 tahun dan menyadari satu-satunya kontribusi kepada dunia adalah perlindungan pajak, pabrik, dan lubang ozon.”

Aku ingin membuat perbedaan (I want to make a difference).”

Dan atas persetujuan Sekretaris Jenderal Program Minyak Untuk Pangan atau Oil for Food Programme, Pasha Passari (Ben Kingsley), akhirnya Michael diterima bekerja di PBB sebagai asisten khususnya. Ia membantu mengurus program kemanusiaan terbesar dalam sejarah PBB.

Program Minyak Untuk Pangan yang sedang dilaksanakan di Iraq, yang saat itu sedang dalam kondisi kacau dibawah rezim Saddam Hussein. Michael dan Pasha datang ke Baghdad Iraq untuk meninjau langsung keadaan di sana. Dalam pertemuan di kedutaan besar PBB di Baghdad, Michael bertemu wanita asli Iraq, tepatnya orang Kurdistan atau Kurdi, Nashim Hueseini (Belçim Bilgin), yang bekerja sebagai penerjemah. Sedikit memasukkan cerita romansa, Michael dan Nashim saling jatuh cinta.

Dalam kunjungan langsung ke lapangan, Michael ditemani Nashim yang menerjemahkan percakapan mereka dengan para korban dan warga Iraq. Dengan melihat keadaan langsung di pengungsian dan bantuan makanan yang dikirim dari Program tersebut, meneliti banyak hal, dan informasi dari Nashim, Michael menemukan banyak kejanggalan. Salah satunya adalah makanan yang sudah kadaluwarsa. Dari semua itu, Michael sadar bahwa program Minyak Untuk Pangan telah menjadi permainan politik.

Masalah semakin pelik dan membingungkan Michael ketika ia tak tahu harus mempercayai bosnya, Pasha, atau wanita yang ia cintai, Nashim.

Tidak seperti karakter-karakter di film sebelumnya (seperti trilogi Divergent dan Underworld: Awakening (2012) dan Underworld: Bloodwars (2016)), dalam Backstabbing For Beginners, karakter yang dimainkan oleh Theo James dalam film ini benar-benar berbeda. Dalam film ini, ia memerankan karakter yang idealis, serius, pemikir, cerdas, dan tak ada adegan phisycal fighthing. Namun tetap saja sex appeal yang Theo James miliki tetap muncul dalam karakter apapun yang ia mainkan.

Bagi penyuka film sejarah dan kisah nyata, saya pikir film layak ditonton. Isi cerita film ini cukup menarik. Karakter Pasha dan Nashim cukup mengecoh saya. 2 karakter tersebut membuat saya bertanya-tanya  dan menebak-nebak siapa sebenarnya yang terlibat dalam permainan politik dan skandal korupsi dalam program Minyak Untuk Pangan dan siapa yang berbohong juga berpura-pura baik pada Michael yang baru terjun ke dunia politik.

Di akhir cerita tertulis bahwa Michael Sullivan meninggalkan layanan luar negeri untuk meliput konflik global di Kongo, Afghanistan, dan Iraq untuk organisasi berita besar di Amerika Serikat dan Eropa. Pengungkapan skandal itu menuntun pada reformasi yang paling penting dalam sejarah PBB.

Satu kalimat yang saya suka dalam film ini adalah baris dialog di awal cerita yang 2 atau 3 kali Michael katakan:

I want to make a change. (Aku ingin membuat suatu perubahan).”

Nilai: 4/5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *