Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Beberapa waktu lalu, teman saya merekomendasikan film horor Korea, Gonjiam: Haunted Asylum. Film Korea Selatan ini merupakan film horor yang diangkat berdasarkan kejadian nyata yang mengambil lokasi syuting di rumah sakit jiwa berhantu, Gonjiam. Rumah sakit ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat dari 7 tempat terangker di seluruh dunia.

Film Gonjiam: Haunted Asylum disutradarai oleh Jung Bum-shik dan juga ditulis oleh Jung Bum-shik dan Park Shang-min. Film ini rilis pada 28 Maret 2018.

Seorang vlogger, Ha-joon (Wi Ha-joon), yang memiliki Youtube Channel: Horror Times memutuskan untuk mengeksplorasi rumah sakit jiwa yang konon merupakan salah satu tempat terangker di dunia. Namun Ha-joon tidak melakukannya seorang diri. Ia melakukan itu bersama 6 orang temannnya dari latar belakang yang berbeda. Mereka adalah: Ji-hyun (Park Ji-hyun), A-yeon (Oh A-yeon), Charlotte (Moon Ye-won), Sung-hoon (Park Sung-hoon), Seung-wook (Lee Seung-wook), Je-yoon (Yoo Je-yoon).

Kemudian mereka bertemu di suatu kafe di Seoul dan membicarakan rencana tersebut. Keesokan harinya mereka berangkat ke rumah sakit jiwa itu. Ha-joon selaku pemimpin kelompok tersebut membagi mereka untuk berpencar dan merekam peristiwa atau hal-hal apa saja yang ada di beberapa ruang rumah sakit yang sangat gelap tersebut.

Detektor hantu dan alat canggih untuk menangkap keberadaan hantu sudah mereka siapkan. Apa yang mereka lakukan di tempat itu dari ruang kantor, kamar mandi, kamar 402, ruang instrumen, ruang laboratorium, sebuah boneka, sampai melakukan ucapara dengan menyalakan lilin, semuanya disiarkan secara langsung lewat YouTube Channel Horror Times. Ha-joon mengontrol semua rekaman di salah satu tenda yang mereka dirikan.

Menonton Gonjiam: Haunted Asylum seperti menonton uji nyali tayangan televisi. Ekspektasi saya tinggi tentang keseraman dan betapa menakutkannya film ini ketika membaca salah satu artikel yang menulis tentang Gonjiam: Haunted Asylum. Dan pada saat menonton film ini dari awal sampai akhir, saya merasa tak ada sisi menyeramkan sama sekali. Tak ada penampakan apapun yang ditunjukkan. Yang ada hanya teriakan-teriakan histeris ketakutan 2 pemain wanita dalam film ini yang terdengar sangat berisik. Film horor yang seharusnya membuat jantung berdebar lebih cepat, tapi jalan dan konsep cerita Gonjiam: Haunted Asylum malah membuat mata saya sangat mengantuk. Sorry to say.

Nilai: 2/5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *