Cargo (2018)

Cargo merupakan film drama thriller Australia. Film original Netflix ini disutradarai oleh Ben Howling dan Yolanda Ramke, ditulis oleh Yolanda Ramke. Cargo rilis pada 18 Mei 2018. Film ini dibintangi oleh Martin Freeman, Susie Porter, Anthony Heyes, Simone Landers, Caren Pistorius, dan lain-lain.

Cargo mengisahkann tentang ayah, Andy (Martin Freeman), yang harus menjaga anak perempuan batitanya, Rosie (Lily Anne McPherson-Dobbins dan Marlee Jane McPherson-Dobbins), setelah wabah yang menyebar ke seluruh daerah di Australia.

Selama bertahun-tahun, Andy dan istrinya, Kay (Susie Porter), juga Rosie tinggal di atas sungai di sebuah kapal dengan rancangan seperti rumah pada umumnya. Ketika mereka hampir kehabisan persediaan makanan, Andy melihat sebuah bangkai kapal yacht. Ia masuk ke dalamnnya dan mencari barang-barang yang bisa ia makan dan gunakan. Andy berhasil menemukan beberapa sisa makanan, bahkan sebotol anggur.

Andy menceritakan apa yang ia dapatkan kepada Kay. Ketika Andy sedang beristirahat dan tertidur, Kay masuk ke dalam bangkai yacht tersebut, juga untuk mencari barang-barang yang bisa mereka gunakan. Di suatu ruang kapal tersebut, sedari awal seperti ada sesuatu yang mengintai. Malang bagi Kay, pada saat ia hendak mengangkat tubuhnya meninggalkan kapal tersebut, sesuatu menggingitnya. Rencana Andy dengan sebotol Anggur yang ia ambil untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka ternyata sia-sia. Keadaan kaki Kay yang parah dan terinfeksi membuat mereka harus segera ke darat mencari penanganan medis.

Hanya mengandalkan peta, Andy mencari rumah sakit terdekat. Sepanjang jalan, mereka tak menemukan siapapun, kecuali Thoomi (Simone Landers) dan ayahnya Willie (Bruce R. Carter) yang sedikit linglung. Semua orang sudah tewas terjangkit wabah.

Di pertengahan perjalanan, mobil Andy mengalami kecelakaan karena Willie tiba-tiba lewat di depan mobil mereka. Andy terluka di bagian kepala, sementara Kay tertusuk batang potong yang mereka tabrak. Luka Kay semakin parah. Ia hampir menjadi Zombi dan dengan cepat memangsa Andy yang ada di sampingnya.

Demi Rosie, Andy yang juga terinfeksi gigitan Kay harus bertahan hidup menemukan seseorang yang bisa menjaga Rosie. Sebelum bertemu dengan Thoomi yang merupakan suku asli daerah itu yaitu suku Atla yang berarti api, Andy dengan Rosie yang selalu berada di gendongan belakangnya bertemu beberapa orang yang baik dan jahat. Hanya Thoomi dan beberapa orang sesama sukunya yang tak terkena wabah tersebut.

Alur cerita Cargo maju. Jalan cerita film ini tak memiliki konflik yang tajam, namun dengan adanya sosok si bayi Rosie membuat cerita film ini menjadi sedikit dramatis dan menggemaskan dalam waktu bersamaan. Karakter Rosie yang dimainkan oleh si kembar Lily Anne McPherson-Dobbins dan Marlee Jane McPherson-Dobbins sangat pintar dan lucu.

Meskipun Cargo bukan film romansa, namun di awal cerita film ini, saya bisa merasakan a true love antara Andy dan Kay. Di usia mereka yang tak muda, ketulusan cinta Andy pada Kay dan sebaliknya sangat terasa hingga Kay tak mampu lagi menahan luka infensinya yang sangat memburuk.

Nilai: 4/5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *