Sara’s Notebook (2018)

Sara’s Notebook merupakan film drama thriller Spanyol. Judul asli Sara’s Notebook adalah El Cuaderno de Sara. Film ini disutradarai oleh Norberto López Amado dan ditulis oleh Jorge Guerricaechevarría. Sara’s Notebook rilis pada 2 Februari 2018

Sara’s Notebook mengisahkan tentang seorang pengacara wanita, Laura (Belén Rueda), yang mencari adik perempuannya, Sara (Marian Álfarez) yang menghilang selama 2 tahun. Laura terbang ke Afrika lantaran informasi yang ia dapat dari salah satu berita bahwa Sara berada di negara tersebut. Kedatangan Laura di Afrika disambut oleh Sergio Rojas (Manolo Cardona) yang merupakan salah satu peliput berita tersebut.

Sergio memberitahu bahwa Sara sedang berada di Kampala, tempat dimana penculikan, perkosaan, dan perbudakan anak dan orang-orang terjadi di daerah tersebut. Tempat itu dikuasai oleh seorang jenderal yang mereka sebut The Hawk, dengan anak buah kepercayannya Battiste (Djédjé Apali) dan Omar (Malcom Sitté). Mereka yang diculik dijadikan budak untuk menggali tambang coltan yang ada di daerah tersebut.

Bertemu Sergio, tak serta merta membuat Laura dengan mudah datang ke Kampala. Sergio tak menginzinkan Laura ke tempat itu dengan alasan tempat itu sangat berbahaya.

Laura tak menyerah. Ia mencari cara lain untuk menemukan Sara. Ia datang ke tempat terakhir dimana Sara tinggal. Di tempat itu, Laura menemukan sebuah buku catatan Sara. Melalui buku catatan tersebut, Laura mendapat beberapa informasi.

Di salah satu halaman buku catatan itu tertulis nama Sven (Nick Devlin) dengan nomor telepon di bawah nama tersebut. Laura menghubungi Sven dan memintanya untuk bertemu. Meskipun Sven bukan orang Spanyol, namun ia mampu berbicara Spanyol karena pernah tinggal di Kolombia selama 2 tahun.

Sven sangat membantu Laura. Ia mempertemukan Laura dengan seorang pemuda yang tinggal penampungan Save Children Cyangugu Rwanda, Jamir (Iván Mendes). Jamir tahu banyak tentang daerah Kampala.

Meskipun awalnya menolak membantu Laura ke daerah itu dengan alasan Kongo sangat berbahaya dan tak mudah melewati jalur tersebut bagi orang asing, akhirnya ia bersedia membantu Laura dan sangat amat membantunya hingga akhir.

Dengan segala rintangan, kerja keras, upaya melarikan diri dari satu tempat ke tempat lain, Laura dan kru Sergio tertawan oleh anak buah Battiste dan Omar. Namun dalam keadaan tersebut, Laura akhirnya bertemu dengan Sara.

Sara dalam keadaan sangat baik. Ia menjadi perawat di tempat itu, menyembuhkan orang lain, membantu melahirkan, dan melakukan apapun yang bisa ia lakukan dengan skill yang ia miliki untuk orang-orang yang membutuhkannya.

Yang Laura pikir akan mudah membawa Sara pulang bersamanya setelah melewati banyak situasi yang berat, ternyata ia salah. Dengan keadaan dan kondisi yang carut marut dan bahayanya daerah itu, Sara berkata pada Laura,

Aku merasa bahwa hidupku berarti di sini.” 

Intinya, Sara ingin merubah semua keadaan itu menjadi lebih baik dan manusiawi.

Cerita film Sara’s Note atau El Cuaderno de Sara cukup menarik. Cerita film ini sedikit mengangkat tentang rasis serta kezaliman yang dilakukan oleh kelompok tertentu terhadap sesamanya. Mereka saling bunuh, memperkosa, dan mejadikan budak.

Pesan yang saya dapatkan dari film ini adalah memanusiakan manusia tanpa melihat suku, ras, dan warna kulit.

Nilai: 5/5

2 thoughts on “Sara’s Notebook (2018)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *