Summer 1993 (2017)

Summer 1993 merupakan film drama keluarga Spanyol dengan bahasa Katalan. Judul asli film ini adalah Estiu 1993. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Carla Simón. Summer 1993 rilis premier pada 30 Juni 2017 dan rilis di Amerika pada 25 Mei 2018.

Summer 1993 mengisahkan tentang seorang anak 6 tahun, Frida (Laia Artigas), yang harus hidup dengan keluarga pamannya setelah ibunya meninggal dunia karena sakit. Frida tinggal bersama Pamannya, Esteve (David Verdaguer), dan bibinya, Marga (Bruna Cusí), juga anak perempuan mereka yang masih berusia 3 tahun, Anna (Paula Robles).

Di hari-hari pertama tinggal bersama Esteve, Marga, dan Anna, menjadi masa-masa “aneh” Frida untuk menyesuaikan diri hidup bersama keluarga baru. Meskipun Marga dan Esteve memperlakukan Frida dengan sangat amat baik dan sabar, namun Frida masih tetap belum bisa melupakan ibunya.

Perlahan Frida mulai berlaku aneh, kasar, dan berbuat semaunya (dengan gaya anak 6 tahun). Perilaku-perilaku tersebut ia tunjukkan dengan mengambil rokok milik Marga yang kemudian ia taruh di depan patung bunda Maria yang ia percaya bahwa ibunya akan suka dengan rokok tersebut.

Di hari berikutnya, Frida bermain dengan Anna dan menyuruhnya masuk ke dalam pohon besar yang tumbuh dengan batang-batang yang renggang di hutan hingga membuat Marga panik lalu berakhir dengan tangan kiri Anna digips.

Lalu pada saat kakek, nenek, dan 2 bibinya menemuinya, Frida bersikap sangat buruk dengan sengaja mengotori baju hadiah neneknya dengan susu karena ia tak menyukainya. Kemudian pada saat mereka akan pamit pulang, Frida memaksa diri ingin ikut bersama mereka.

Dan yang terakhir, Frida mencoba melarikan diri pada malam hari karena ia merasa tak ada yang menyayanginya. Namun lucunya, ketika Esteve dan Marga dengan menggendong Anna mencari Frida, dengan sendirinya ia kembali lagi ke rumah dengan mengatakan:

Aku akan pergi besok. Sekarang sudah kemalaman. (di durasi 1.24.06)”

 

Cerita Summer 1993 menampilkan cerita yang sangat sederhana dan natural gaya anak-anak. Laia Artigas (Frida) dan Paula Robles (Anna) nampak seperti sama sekali tak berakting dalam film ini. Mereka bermain sangat natural dan innocent. Cerita mengalir seperti kehidupan sehari-hari.

Konflik dalam film ini murni tentang penyesuaian hidup baru seorang anak 6 tahun yang tak mengerti dan paham dengan kondisi barunya sepeninggalan sang ibu. Ia tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa mengungkapkannya dengan perilaku-perilaku yang saya paparkan di atas. Namun Marga dan Esteve juga Anna sangat amat sabar dan bijaksana menghadapi Frida. Tak ada kekerasan, perlakuan, atau kata-kata kasar yang keluar dari mulut mereka.

Pada saat Frida mendapatkan “sesuatu” yang ia butuhkan selama tinggal bersama kelurga pamannya, akhirnya ia mulai bisa berkata-kata dan mengungkapkan segala isi hatinya tentang kematian ibunya dan perasaannya. Setelah bertubi-tubi mengajukan pertanyaan pada Marga, Frida dengan polos berujar pada Marga,

Frida: “Kau tidak akan sakit, kan? Sekarang?!”

Marga: “Tidak. Aku tidak ada niatan sakit, sama sekali.

Summer 1993 diakhiri dengan klimaks dan ahkir cerita yang sangat menyentuh, mengharukan, dengan adegan yang sederhana tapi hangat dan haru membahagiakan hati.

 

Nilai: 4.5/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *