The Kindergarten Teacher (2018)

The Kindergarten Teacher merupakan film drama Amerika. Film original Netflix ini diangkat dari film Israel pada tahun 2014 yang ditulis oleh Nadav Lapid.

Film The Kindergarten Teacher disutradarai dan ditulis Sara Colangelo. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh enam menit ini dibintangi oleh Maggie Gyllenhaal, Parker Sevak, Michael Chernus, Gael García Bernal, dan beberapa aktor pendukung lainnya.

Film The Kindergarten Teacher rilis premier di Sundance Film Festival pada 12 Januari 2018 dan rilis di Amerika Serikat dan Kanada pada 12 Oktober 2018.

The Kindergarten Teacher mengisahkan seorang guru Taman Kanak-kanak, Lisa Spinelli (Maggie Gyllenhaal), yang juga mengikuti kelas puisi di salah satu perguruan tinggi. Mengikuti kelas tersebut, Lisa sama sekali tak pandai membuat puisi. Bahkan ia sama sekali tak bisa memasukkan dirinya ke dalam kata-kata puisi.

Ketika kelas yang diajar Lisa usai, salah satu siswa laki-lakinya, Jimmy Roy (Parker Sevak), sedang menungu pengasuhnya, Becca (Rosa Salazar), melantunkan sebuah puisi dengan gaya polosnya,

Anna is beautiful,

beautiful enough for me.

The sun hits her yellow house.

It’s almost like a sign from God.

Lisa yang mendengar barisan kata-kata tersebut langsung menulisnya di atas kertas. Dan ia bacakan puisi tersebut di kelas puisinya. Guru Puisi Lisa, Simon (Gael García Bernal), dan teman-teman yang lainnya sangat menyukai puisi tersebut. Bahkan ia mendapat pujian dari puisi yang bukan hasil karyanya sendiri.

Melalui Becca sang pengasuh Jimmy, Lisa memintanya menulis puisi yang Jimmy lantunkan di rumah kemudian menulisnya di atas kertas. Becca melakukannya, dan  Lisa menggunakan puisi Jimmy yang kedua yang berjudul The Bull,

The Bull stood alone in the backyard.

So dark.

I opened the door and stepped out.

Wind in the branches.

He watched me.

Blue Eyes.

He kept breathing to stay alive.

I didn’t want him.

I was just a boy.

Say yes, say yes, anyway.

Meskipun puisi itu tidak sesuai dengan tema yang diberikan Simom dan beberapa teman mengajukan beberapa keberatannya, namun sang guru tetap memuji puisi yang dibacakan oleh Lisa.

Sejak saat itu, dalam situasi dan kondisi apapun dalam kegiatan di kelas Taman Kanak-kanak, Lisa memanfaatkan Jimmy untuk selalu membuat puisi di hadapan Lisa. Ia menjadi sangat terobsesi dengan Jimmy yang ia anggap memiliki sebuah karunia yang tak dimiliki anak seumurannya.

Meskipun Jimmy menuangkan puisinya berdasarkan sudut pandangnya, Lisa tetap menggunakan puisi itu di kelas puisinya. Dan hal itu membuat Simon jatuh cinta pada Lisa yang sudah bersuami, Grant Spinelli (Michael Chernus), dan beranak dua; Josh Spinelli (Sam Jules) dan Lainie Spinelli (Daisy Tahan).

Puisi telah membuat Lisa kehilangan akal sehatnya dan hampir melupakan keluarganya.

Ide cerita The Kindergarten Teacher cukup menarik. Rangkaian ceritanya cukup ringan, akan tetapi sedikit mendalam.

Karakter Lisa Spinelli cukup menarik. Guru TK yang seharusnya dan biasanya bersikap ceria atau tidak terlalu serius, namun justru tidak tergambar dalam sosok Lisa di cerita film ini. Oleh karena kelas puisi yang Lisa ikuti, ia seperti memiliki dua karakter yang berlawanan. Di satu sisi, Lisa berhadapan dengan anak-anak kecil yang lucu dan ceria. Di sisi lain, ia harus berhadapan dengan merangkai kata-kata mendalam penuh makna dan artistik.

Meskipun pusat cerita dan objek dalam film ini adalah anak-anak, namun film ini bukan tontonan untuk anak-anak.

Puisi ketiga Jimmy:

Mesmerize me, Butterfly.

Forcing wings open-shut.

Thrust with purpose not known to me,

not expert in your grasses, in poison,

mushroom camouflage deliverance.

Today the garden teems with wood sprites.

Flashing Blue.

Now white at the edge of seeing.

Puisi terakhir Jimmy:

Anna, get up.

Remember, loneliness is still time spent with the world.

Here’s the room with everyone in it.

Your dead’s friend passing through you.

Like wind through a wind chime.

Don’t be afraid, Anna.

The end of the road is so far ahead.

It is already behind us.

 

Barisan kata-kata yang cukup mendalam yang dibuat oleh anak usia lima tahun setengah!

Nilai: 4/5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *