Colette (2019)

Colette merupakan film drama sejarah biografi Inggris. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari kehidupan seorang novelis Perancis, Colette. Film Colette disutradarai oleh Wash Westmoreland dan ditulis oleh Westmoreland dan Richard Glatzer.

Film yang berdurasi kurang lebih selama satu jam lima puluh satu menit ini dibintangi oleh Keira Knightley, Dominic West, Fiona Shaw, Sloan Thompson, Ray Panthaki, dan masih banyak lagi pemain pendukung lainnya. Colette rilis di Inggris pada 11 Januari 2019.

Colette mengisahkan tentang seorang istri, Sidonie-Gabrielle Colette (Keira Knightley), yang harus menulis novel demi mengatasi kebangkrutan usaha suaminya, Willy (Dominic West), yang seorang penulis atau tepatnya disebut writing entrepreneur.

Berlatar waktu dari tahun 1892 sampai 1905 di beberapa kota di Perancis, Colette hidup dengan suami yang sangat ia cintai. Pada saat usaha Willy bangkrut, Colette yang diketahui bisa menulis diminta Willy untuk menulis sebuah novel. Meskipun sudah dikhianati oleh Willy, Colette tetap menuruti kemauan Willy yang pandai merayu dan mengambil hati Colette.

Colette menulis novelnya dengan judul Claudine. Setelah selesai menulis novel itu, ia memberinya pada Willy. Bukan pujian atau penghargaan yang didapat oleh Colette, Willy justru tidak menghargai hasil tulisan Colette. Tentu Colette marah pada Willy karena tidak menghargai usahanya. Dan ketika Willy sudah benar-benar kehabisan uang, ia membaca lagi tulisan Colette, dan memintanya untuk revisi tulisan tersebut dengan arahannya.

Colette merevisi tulisannya menjadi lebih baik dan sempurna, kemudian novel yang diberi judul Claudine itu diterbitkan atas nama Willy. Novel Claudine menjadi novel terlaris saat itu. Dan beberapa waktu setelahnya, nama Claudine menjadi trade setter beberapa produk di Paris bahkan cerita Claudine dibuat karya drama teater.

Berkat novel Claudine, nama Willy semakin terkenal dan ia semakin semena-mena terhadap Colette. Ia memanfaatkan Colette untuk menulis novel yang lain dan akan terbit atas namanya lagi. Namun Colette tidak ingin menuruti kemauan Willy dan meminta namanya disebut dalam novel yang ia tulis.

Film Colette mengangkat beberapa isu yang terjadi dalam cerita film ini. Diantaranya adalah ghost writer dan abuse marriage atau sewenang-wenang terhadap pernikahan dan pasangan yang dilakukan oleh Willy yang merupakan seorang laki-laki yang bertindak semaunya.

Sedangkan karakter Colette menunjukkan seorang wanita yang lemah terhadap laki-laki yang ia kagumi dan cintai, namun di sisi lain ia memiliki kekuatan seni dan jiwa untuk menjadikan dirinya sendiri lebih kuat dari yang ia ketahui.

Totalitas akting Keira Knightley dalam memainkan karakter Colette tak perlu diragukan lagi.

Untuk film yang menyajikan cerita tentang sebuah tulisan novel ataupun buku, karya sastra, dan seni, bobot kata-kata dalam sebuah film pastinya cukup menarik untuk didengar. Namun bagi saya, terdapat dua baris kalimat terbaik yang bisa diambil dari kisah ini. Kalimat tersebut diucapkan oleh Sido (Fiona Shaw) pada saat Colette mencurahkan isi hati dan perasaannya pada wanita yang ia anggap sebagai ibunya sendiri.

No one can’t take away who you are. No one. You are too strong for that. Just trust no one but yourself.”

You have to use your own gifts.”

Nilai: āˆ—āˆ—āˆ—3/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *