I’m Not Here (2019)

Siapa yang bisa lepas dari ingatan masa lalu? Baik dengan ingatan masa lalu yang baik ataupun buruk. Hampir semua manusia tak bisa lepas dari hal tersebut. Dan keduanya akan berdampak pada kehidupan seseorang di masa sekarang.

Barisan kalimat di atas mengacu pada film I’m Not Here. Film ini mengisahkan seorang laki-laki paruh baya, Steve (J. K Simmons), yang menghabiskan masa tuanya dengan berjuang melawan ingatan-ingatan masa lalunya yang tragis untuk bisa menerimanya di masa tuanya.

Steve yang berusia 60 tahun hidup seorang diri, mengurung diri dan nyaris bunuh diri. Beberapa tagihan tak bisa ia bayar, dan panggilan telepon tak pernah ia layani dengan mengatakan: “I’m not here”.

Sepanjang hari ia hanya mengingat masa lalunya dari usianya masih kecil hingga dewasa.

Steve kecil (Iain Armitage) harus melihat dan melewati masa-masa dimana orangtuanya bercerai, juga menyaksikan apa yang tak seharusnya anak kecil lihat dan rasakan.

Ketika Steve (Sebastian Stan) beranjak dewasa, ia menikah dengan gadis yang ia cintai, Karen (Maika Monroe), dan memiliki seorang anak yang lucu dan pintar, Trevor (Jeremy Maguire). Namun pernikahan selalu diisi dengan pertengkaran karena Steve beberapa kali dipecat dari pekerjaannya dan sering menghabiskan minuman keras berbotol-botol. Hal itu yang selalu memicu emosi Karen.

Ingatan-ingatan itu tak bisa lepas dari kepala Steve hingga membuatnya ingin membunuh dirinya sendiri dengan pistol yang diletakkan tepat di samping kepalanya.

Alur cerita I’m Not Here maju mundur. Cerita seperti dibagi ke dalam tiga bagian; masa anak-anak, dewasa, dan tua.

Jalinan cerita film ini cukup sederhana dengan permasalahan yang tak berat menurut saya, jika dihubungkan dengan aksi Steve di masa tuanya.

Bila melihat masalah-masalah yang disuguhkan dalam cerita ini terasa biasa saja, dan akan nampak kontras dengan sikap Steve yang terlalu berlebihan secara emosional yang begitu nampak sangat bersedih dan tertekan secara mental. Akan tetapi, bila melihat akhir cerita film ini, penonton akan tahu tipe cerita seperti apa film ini.

I’m Not Here disutradarai oleh Michelle Schumacher dan ditulis oleh Tony Cummings dan Michelle Schumacher. Film drama ini dibintangi oleh J.K. Simmons, Sebastian Stan, Maika Monroe, Mandy Moore, Iain Armitage, Maxgreenfield, dan beberapa pemain pendukung lainnya.

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam dua puluh satu menit ini rilis premier di Raindance Film Festival pada 21 September 2017, dan rilis di Amerika Serikat pada 8 Maret 2019.

Dari segi cerita, I’m Not Here memiliki jalinan cerita yang biasa saja menurut saya. Namun dalam beberapa bagian adegan cerita, emosional karakter Steve, baik pada masa Steve kecil, dewasa, dan menua, cukup terasa bagi saya.

Oleh karena cerita ini sangat berhubungan kuat dengan waktu, inti cerita yang bisa saya ambil dari cerita film ini adalah cara kita berpikir tentang waktu bahwa,

Waktu bukan musuh yang seperti kita pikirkan. Dan satu-satunya hal yang dapat membunuh hal-hal buruk di masa lalu yang ada dalam pikiran adalah dengan melupakan hal-hal buruk tersebut dan mengingat kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan untuk orang lain ataupun diri sendiri di masa kapanpun.

The point is,

The way you think and how you control your mind.”

nilai: ∗∗∗/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *