Tahukah Kamu?

reading club 4

Diary klub membaca anak; anak-anak membaca pengetahuan umum.

Sabtu, 28 Februari 2015. Pertemuan kali ini saya meminta anak-anak membawa majalah kesayangan mereka. Majalah Bobo masih menjadi majalah favorit anak-anak dari saya kecil sampai sekarang. Ketika saya meminta mereka untuk memilih salah satu segmen dari majalah tersebut untuk dibaca, cerita pendek jadi pilihan mereka semua. Setelah mereka membaca masing-masing cerita, saya tunjuk satu per satu dari mereka menceritakan ulang cerita yang mereka baca.

Beberapa anak sudah mulai mampu bercerita dengan alur yang jelas, beberapa yang lainnya masih nampak ragu-ragu bercerita dengan jelas, bahkan masih ada yang malu-malu. Saya membantu mereka menyempurnakan cerita mereka dengan pertanyaan-pertanyaan.

Berbeda dengan pilihan anak-anak, saya justru tertarik dengan segmen Tahukah Kamu dan Ensiklopedia yang di dalamnya terdapat beberapa pengetahuan yang ingin saya ketahui, di antaranya adalah:

Jembatan Cisomang di Purwakarta adalah jembatan kereta api tertinggi di Indonesia. Tingginya hampir 100 meter.

Kanada dalam bahasa India berarti Desa Besar.

Nama Gorila berasal dari bahasa Yunani Gorillia yang berarti perempuan berbulu.

Kata puding diambil dari bahasa Prancis yang berarti sosis kecil.

Kantung air mata bayi manusia akan berbentuk setelah bayi berusia 4 bulan.

8 hewan superlambat di dunia adalah: mamate atau sapi laut, loris atau kukang, sloth, kura-kura atau Galapagos, kuda laut, siput, anemone laut.

Ada beberapa orang di dunia ini memiliki lesung pipi. Pada wajah manusia, terdapat otot wajah yang disebut musculus zygomaticus. Nah mayor lesung pipi terbentuk karena otot zygomaticus mayor itu tidak sempurna. Misalnya otot tersebut lebih pendek daripada ukuran sebenarnya. Atau, otot itu terbelah menjadi dua. Keadaan ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi. Ada beberapa anak yang malu memiliki lesung pipi, namun di beberapa Negara pun orang-orang memiliki lesung pipi, dan itu dianggap menarik.