Si Pete dan Jengkol

Diary klub membaca anak; anak-anak menulis apa yang mereka suka dan tidak.

Sabtu, 4 April 2015. Saya menantang anak-anak Reading Club untuk membuat naskah. Namun mereka mengatakan bahwa mereka belum siap menerima tantangan dari saya, dan mengatakan bahwa lebih baik saya yang membuatnya.

Sebelum saya membuat naskah untuk mereka, dalam pertemuan ini saya menyuruh mereka untuk menulis tentang diri mereka sendiri, apa yang mereka suka dan tidak suka, dan ingin menjadi apa. Sementara mereka menulis, saya membuat gulungan kertas dan menulis masing-masing nama mereka.

writing 2 writing 1

Setelah mereka menyelesakan tulisan, saya menyuruh mereka satu per satu mengambil gulungan kertas yang saya buat dan menyebutkan nama siapa yang ada di dalamnya untuk dibaca hasil tulisannya di depan teman-teman yang lain.

Zahra, usia 9 tahun kelas 4. Ia suka jus jambu. Film kesukaannya 7 Manusia Harimau. Ia ingin menjadi putri

Tiara, usia 9 tahun kelas 4. Ia suka minum jus dan air putih. Makanan yang tidak ia suka pete dan jengkol. Ia ingin menjadi ratu.

Novi, usia 11 tahun kelas 5. Ia ingin menjadi peri, penyihir, juga malaikat. cita-citanya ingin menjadi designer dan fotografer. Tulisnya, sebenarnya ia ingin menjadi dokter, tapi ia takut dites di kamar mayat. Ia suka makanan seafood dan tak suka pete dan jengkol.

Iqbal, suka jus dan nasi goreng, dan tidak suka semur jengkol. Ia ingin menjadi burung.

Naufal, suka makan pizza dan burger. cita-citanya ingin menjadi polisi.

Bintang, suka jus jeruk, air putih, nasi dan mie goreng juga  nugget. Ia ingin jadi polisi mengikuti jejak kakaknya.

Raka, tidak suka dengan pete dan jengkol, dan paling suka makan sate. Cita-citanya ingin menjadi pilot, karena ia ingin keliling dunia membeli barang-barang di luar negeri.

Irsyad, usia 10 kelas 5. Ia suka makan semur daging tapi tak suka dengan semur jengkol. Ia ingin menjadi raja, dan cita-citanya ingin jadi TNI-AD.

Dini, anak yang tomboy. Ia tidak suka parfum, barbie, dan bedakan. Makanan kesukaannya ayam, semur jengkol dan pete. Permainan benteng, polisi maling, gobak sodor dan permainan yang melelahkan ia sukai. Suka sekali membaca. Ia ingin menjadi burung.

Bunga, usia 10 tahun kelas 5. Ia ingin menjadi penyihir baik, peri, dan malaikat. Makanan yang ia tak suka adalah pete dan jengkol.

Nando, suka makan mie tapi tak suka makan sayur dan tak suka minum kopi. Cita-citanya ingin menjadi pilot.

Itulah kata-kata yang mereka tulis, saya rangkum sesingkat mungkin. Pete dan jengkol menjadi kata-kata yang tak saya duga keluar dari kepala anak-anak melalui tulisan, menjadi sesuatu yang mereka tak suka 😀