Memotivasi Diri Sendiri

Diary klub membaca anak; bagaimana anak-anak memotivasi diri sendiri dari membaca.

Sabtu, 17 Oktober 2015. Selama 2 minggu kegiatan Reading Club ditiadakan karena pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan pembagian rapor UTS.

Kali ini, anak-anak membuat prakarya yang terinspirasi dari majalah Bobo. Saya membeli semua material yang dibutuhkan. Sebelumnya, saya sudah meminta mereka membawa gunting dan pensil warna, krayon, atau spidol dari rumah. Untuk pertemuan ini, saya bermurah hati pada anak-anak. Hasil prakarya terbaik 1, 2, dan 3 saya beri hadiah, begitupun untuk mereka yang tidak termasuk terbaik. Tujuannya adalah supaya mereka bisa menghasilkan karya yang maksimal. Namun, saya mengatakan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan tidak karena untuk mendapatkan hadiah, tapi mereka melakukan pekerjaan itu dengan sebaik yang mereka mampu.

Tugas mereka adalah menulis kata-kata motivasi untuk diri mereka sendiri. Beberapa anak masih belum mengerti, meski sudah saya jelaskan berulang kali, tentang kata motivasi. Tak apa. Yang penting adalah mereka menulis, membuat karya, dan melihat karya teman-temannya.

IMG_0770

Masing-masing dari mereka saya bagikan 2 lembar kertas. 1 kertas untuk cadangan jika mereka salah menulis atau lainnya. Kemudian mereka menghias bagian pinggir kertas tersebut atau di manapun mereka mau dengan material-material yang ada.

Oleh karena saya harus memilih 3 karya terbaik, jadi saya memberikan waktu selama 60 menit untuk menyelesaikannya. Dengan jangka waktu ini, mereka belajar melihat dan membagi waktu dengan tepat atas pekerjaan mereka. Anak-anak juga belajar kreatif dan berbagi atas material yang ada satu sama lain. Setelah jadi, karya tersebut mereka bawa pulang dan menggantungnya di kamar atau di salah satu ruang rumah mereka.