Cerdas Cermat

Dairy klub membaca anak; cara cerdas dan cermat memahami bacaan bagi anak.

Sabtu, 2 April 2016. Saya memberi anak-anak cerita singkat islami anak tentang (pengetahuan) tulang sulbi dan (kisah) Uwais Al-qarni. Namun sebelumnya saya membagi mereka menjadi 4 kelompok. Saya memilih 4 anak untuk menjadi pemimpin, selanjutnya masing-masing dari mereka yang memilih sendiri anggotanya.

Cara kami membaca kali ini adalah, setelah masing-masing kelompok memiliki anggotanya, saya meminta mereka membaca bacaan yang saya berikan. Setelah itu, mereka membuat 5 soal dari apa yang mereka baca dengan menggunakan pertanyaan: apa/apakah, dimana, bagaimana, mengapa, dan kapan, yang akan diajukan untuk kelompok lain. Saya memberikan waktu selama 25 menit untuk menyelesaikan semua itu.

Setelah anak-anak melakukan tugas mereka, selanjutnya kelompok A memulai pertanyaan yang diajukan kepada kelompok B dengan menunjuk salah satu dari mereka. Kelompok B mengajukan pertanyaan untuk kelompok C, kelompok C mengajukan pertanyaan untuk kelompok D, dan begitu seterusnya. Yang ditunjuk untuk menjawab pertanyaan tidak boleh dibantu oleh teman sekelompoknya. Kenapa? Karena dari awal saya meminta mereka membaca. jika mereka menjawab dengan benar, itu artinya mereka membaca, paham, dan mengingat dengan baik isi bacaan tersebut, dan sebaliknya.