I have a Dream When I’m Gone

Diary klub membaca anak; bernyanyi I Have a Drean dan When I’m Gone dengan lirik. Sabtu, 7 Mei 2016. Dalam suasana libur 2 hari sebelumnya, banyak anak yang tidak masuk hari ini. Begitu juga dengan anak-anak yang mengikuti kegiatan ini. Jadi, saya pikir kegiatan kali ini harus rileks. Anak-anak akan tetap membaca. Bukan membaca buku, tapi membaca teks lirik lagu. Saya memberi mereka 2 lagu. Lagu pertama lagu I Have a Dream dengan lirik on screen dinyanyikan oleh Westlife feat. Sherina

dan lagu kedua Cups (When I’m gone) dinyanyikan oleh Anna Kendrick, dengan lirik on screen juga tentunya

Sebelum saya memilih 2 lagu ini, ada beberapa lagu bagus yang menjadi pilihan saya. Pada akhirnya saya memilih 2 lagu ini karena; yang pertama lagu ini ‘aman’ dan cocok untuk anak-anak, yang kedua lagu ini berhubungan dengan kelas 6 yang akan menghadapi ujian selama 2 minggu ke depan, dan mereka akan meninggalkan sekolah dasar ini, yang ketiga, makna dan lirik lagu ini tidak terlalu rumit bagi anak-anak.

Pertama, saya memutar 2 lagu ini sebanyak dua kali (menggunakan projektor tentunya). Pada putaran pertama, saya hanya ingin mereka menonton dan mendengarkan saja 2 lagu itu, dan putaran kedua saya ingin mereka memperhatikan lirik yang ada pada 2 lagu tersebut sambil saya menerjemahkan lagu itu. 2 telinga mereka gunakan untuk mendengar, 2 mata mereka gunakan untuk memperhatikan teks yang sesuai dengan nyanyian, dan otak yang harus bekerja memproses semuanya hingga melekat di otak mereka 🙂 Setelah itu, saya memberikan kertas yang berisi 2 lirik lagu tersebut dengan kata kerja dan kata benda yang saya hilangkan. Tugas mereka adalah menyempurnakan teks lirik tersebut ketika saya memutar lagu itu tanpa menggunakan projektor.

Pekerjaan sudah mereka kerjakan, kemudian mereka mengoreksi hasilnya. Setelah itu kami bernyanyi bersama 🙂