Mengingat Dengan Kalimat

Diary klub membaca anak; bagaimana melatih ingatan dengan permainan kata.

Sabtu, 21 januari 2017. Kegiatan Reading Club hari ini saya isi dengan melakukan sebuah permainan. Tapi saya tak tahu harus menamai permainan ini apa. Yang jelas permainan ini akan melatih daya ingat anak-anak melalui kata-kata. Namun sebelum melakukan permainan ini saya menanyakan pada anak-anak tentang bacaan yang mereka baca selama seminggu sebelum ini.

Hampir semua anak membaca. Tugas membaca 1 bacaan dalam 1 minggu akan menjadi pekerjaan yang harus mereka lakukan, dan saya akan menanyakan apa yang mereka baca di awal kegiatan Reading Club.

Kembali ke permainan. Alat yang dibutuhkan hanya pensil atau pulpen dan sepotong kertas. Cara mainnya adalah:

  1. Anak-anak membentuk lingkaran besar.
  2. Saya membagikan sepotong kertas kosong pada masing-masing anak.
  3. Putaran pertama anak-anak hanya harus menulis 2 kata; subjek dan kata sifat, di kertas mereka dengan huruf besar. Saya memberi mereka waktu sekitar 15 detik untuk menulis itu.
  4. Setelah anak-anak menulis, saya meminta mereka untuk meletakkan tulisan itu di atas kepala mereka supaya teman-teman mereka bisa melihat apa yang masing-masing anak tulis. Saya memberi waktu 15 detik untuk mereka mengingat tulisan masing-masing teman mereka.
  5. Setelah itu, masing-masing anak memberikan kertas tersebut ke teman sebelah dan terus berputar seperti arah jarum jam sambil mengatakan “tik tok tik tok”, lalu berhenti ketika saya mengatakan “stop”.
  6. Saya meminta setiap anak membaca kertas yang mereka pegang dan mengatakan siapa yang menulis tulisan yang ada di dalamnya.
  7. Anak yang menjawab dan mengingat dengan benar mereka akan terus ikut bermain, dan anak yang salah menjawab, mereka harus keluar dari permainan ini.

Permainan berjalan seperti peraturan di atas, namun di tiap putaran saya meminta mereka untuk membuat kalimat dengan kata yang terus ditambah membentuk kalimat yang sangat lengkap. Waktunyapun saya tambahi karena mereka harus mengingat banyak kata.

Sampai waktu habis, tersisa 6 anak yang masih bertahan dengan konsentrasi dan usaha mereka untuk mengingat kalimat dan penulisnya. Sedangkan anak-anak yang sudah tidak ikut bermain selama permainan berlangsung saya minta mereka untuk membaca buku bacaan yang mereka bawa.