Membaca Sejarah

Diary klub membaca anak; Membaca sejarah.

Sabtu, 18 dan 25 Februari 2017. Mulai Sabtu ini, sebelum kegiatan membaca dimulai, saya memilih satu anak untuk bercerita pada anak-anak yang  lain tentang buku yang sudah ia baca dalam satu minggu. Itu akan terus berlanjut secara bergiliran sebelum kegiatan membaca dimulai.

Isi bacaan anak-anak Reading Club pada 2 pertemuan ini adalah tentang sejarah. Sabtu sebelumnya saya memberi mereka salah satu artikel tentang sejarah perkembangan abjad dan tulisan. Pada Sabtu ini saya memberi artikel tentang sejarah perkembangan alat tulis. Membaca sejarah memberi tahu anak-anak tentang asal mula semua itu hingga mereka bisa dapatkan dan lakukan saat ini.  Bacaan tersebut membawa mereka pada peradaban dan kebudayaan ribuan tahun silam.

“Membaca sejarah adalah cara menemukan harapan. Harapanlah yang membuat kita rela dan berani melakukan kebajikan-kebajikan hari ini, walaupun buah kebajikan itu akan dipetik oleh mereka yang baru akan lahir esok hari.”    – Muhammad Anis Matta, Gelombang Ketiga Indonesia –