Mendengarkan Sang Narator

Diary klub membaca anak: mendengar cerita dari narator.

Sabtu, 11 Maret 2017. Saya membagi anak-anak Reading Club menjadi 3 kelompok. Mereka memilih teman tim masing-masing setelah saya memilih 3 anak yang dijadikan sebagai ketua tim.

Tugas mereka adalah salah 1 anak bertugas sebagai narator dan anak yang lainnya menjadi pemeran yang ada dalam cerita yang saya berikan berjudul “Seorang Anak dan Pohon Pengetahuan”. Ketika sang narator membacakan cerita, anak-anak yang lain hanya menggerakkan tubuh, mulut, dan ekspresi wajah saja. Mereka tak perlu menghafal dialog tapi hanya harus mendengarkan alur cerita yang dibacakan oleh sang narator. Saya memberi waktu pada anak-anak selama 30 menit untuk memahami isi cerita dan berlatih.

Cara ini saya lakukan untuk melatih konsentrasi membaca dan mendengar mereka. Anak-anak yang mendengar dan memahami alur cerita dengan baik, mereka mampu melakukan gerak tubuh dan ekspresi wajah dengan sangat baik. Setelah ketiga kelompok sudah melakukan performa mereka, saya mengumumkan kelompok, pembaca narasi, aktris, dan aktor terbaik 🙂