Membuat Cerita Dari Kata Yang Tertulis

Diary klub membaca anak: cara membuat cerita.

Sabtu, 8 April 2017. Seperti pada pertemuan lalu, lagi, saya memberikan selembar kertas kosong pada anak-anak. Mereka selalu penasaran dengan apa yang akan harus mereka lakukan pada setiap kali kegiatan ini berlangsung.

Sebelum mereka bertanya lebih jauh, saya langsung mulai memberi instruksi. Pertama, mereka harus menulis nama apapun. Boleh nama binatang, buah, tokoh, dan sebagainya. Mereka boleh menulis sebanyak mungkin.

Waktu yang saya berikan kurang lebih hanya 2 menit. 2 menit sudah berjalan, kemudian saya meminta mereka menulis kata kerja. Masih seperti perintah pertama, mereka boleh menulis sebanyak mungkin kata kerja dengan waktu yang saya berikan.

Selanjutnya saya meminta mereka untuk menulis kata benda. Setelah itu saya meminta mereka untuk menulis nama-nama tempat umum. Terakhir, mereka harus membuat cerita dari semua kata yang sudah mereka tulis. Saya hanya membolehkan mereka untuk menambah kata sambung ‘di’, ‘dan’, ‘dengan’, dan ‘ke’. Namun pada pengerjaannya, anak-anak menambahkan kata sambung lebih dari itu. Tak apa. Beberapa anak membuat kalimat-kalimat yang lucu, beberapa yang lainnya membuat cerita yang menarik, dan beberapa sisanya bingung harus membuat cerita apa supaya satu sama lain berhubungan.