The Book of Henry (2017)

The Book of Henry dibintangi oleh Jaeden Lieberher, Naomi Watts, Jacob Tremblay dan Maddie Ziegler. Film ini disutradarai oleh Colin Trevorrow dan ditulis oleh Gregg Hurwitz. The Book of Henry rilis di Los Angeles Film Festival (LAFF) pada 14 Juni 2017 dan rilis di Amerika pada 16 Juni 2017.

Dari judulnya jelas bahwa film ini menceritakan tentang buku si Henry (11 tahun). Meski umurnya masih sangat muda tapi ia adalah anak yang sangat jenius dan menyebut dirinya dewasa sebelum waktunya.

Kisah film ini tentang Henry (jaeden Lieberher), adiknya, Peter (Jacob Tremblay), ibunya, Susan (Naomi Watts) seorang single parents, tetangga perempuannya juga teman sekelasnya Christina (Maddie Ziegler) yang hidup dengan ayah tirinya, Glenn Sickleman.

Henry bukan hanya jenius, tapi ia juga sangat peka dengan lingkungan sekitarnya. Ia tidak akan bisa diam bila melihat seseorang (terutama perempuan) tersakiti. Di satu momen dan momen lainnya, ia memperhatikan Christina nampak selalu tidak bahagia. Sejak saat itu ia mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada gadis itu.

Di satu malam Henry tak bisa tidur. Jendela kamarnya berhadapan dengan jendela kamar Christina dan Glenn. Dari situ ia tahu apa yang terjadi pada Christina, bahwa ia diperlakukan tidak baik dan kasar oleh ayah tirinya.

Henry mengadukan semua perlakuan Glenn pada salah satu konsular sekolah, namun tak ada yang bisa ia perbuat karena Glenn adalah seorang komisaris polisi dan anggota dewan yang terhormat. Luka lebam, kelelahan, dan penurunan performa di kelas yang ditunjukkan oleh Christina tak cukup bukti untuk mengadili Glenn.

Henry menelepon pekerja sosial namun hal itu tetap tidak berhasil. Jadi ia memutuskan menyelesaikan semuanya sendiri. Ia merancang strategi untuk membunuh Glenn dengan sangat detil, merekamnya di tape recorder dan menulis di bukunya.

Gambar. Henry berada di tempat istimewanya dengan segala rencana yang sudah ia buat

Pada suatu malam Henry tiba-tiba kejang dan seluruh tubuhnya terguncang. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit. Selama 3-4 bulan terakhir ia mengalami sakit kepala luar biasa tapi ia tak menunjukkan pada ibu dan adiknya.

Menurut analisa dokter terdapat tumor di kepalanya dan harus dioperasi. Setelah operasi, Henry hanya bertahan hidup selama beberapa hari. Ia tahu bahwa ia tak akan berada di dunia lagi. Dan itu benar-benar terjadi, Henry meninggal dunia, tentunya hal itu sangat mengguncang hati Susan dan Peter.

Satu hari sebelum meninggal, Henry menitip pesan pada Peter bahwa ia harus memberikan buku dan semua yang sudah Henry kerjakan pada ibunya, Susan.

Apakah Susan akan melakukan semua rencana yang secara detil ditulis dan direkam oleh Henry? Dan bagaimana nasib Christina? Hal itu yang akan menjadi bagian kisah menarik dari cerita The Book of Henry.

Gambar. Peter terlelap di pundak Henry pada saat Henry sejak bicara dengan ibunya. Buku tak lepas dari tangan Henry

Rangkaian cerita The Book of Henry sederhana. Namun, dari awal cerita saya sangat suka dengan kata-kata Henry. Digambarkan usianya yang baru 11 tahun tapi tapi kata-katanya sangat dalam, bermakna, dan pemikirannya dewasa sekali.

Dalam beberapa film, Jacob Tremblay melakukan trik sulap, dan ia selalu melakukan itu dengan gaya yang menggemaskan. Hal yang sama ia lakukan dalam salah satu bagian cerita film ini.

Sedangkan Maddie Ziegler menunjukkan bakat sesungguhnya yaitu menari balet dalam acara sekolah  yang menjadi bagian akhir cerita film ini.

Gambar. Christina (Maddie Ziegler) menampilkan bakatnya pada acara sekolah

Salah satu kalimat yang sangat saya suka adalah ketika ia berbicara pada ibunya sebelum tidur tentang kekerasan terhadap seorang perempuan yang dilakukan oleh pasangannya yang terjadi di mini market dan ia tidak bisa melakukan apapun karena ibunya melarangnya. Di akhir percakapan pada adegan itu:

Henry: “Violent isn’t the worst thing in the world.

Susan: ” What is then?

Henry: “Apathy.”

Pada dasarnya film ini merupakan film keluarga. Ide cerita film ini sangat ringan. Jadi, tentunya, film ini layak ditonton oleh seluruh keluarga.

Nilai: 4/5