Odd Thomas (2013)

Odd Thomas merupakan film supernatural, misteri, thriller Amerika. Film ini diangkat dari novel karya Dean R. Koontz dengan judul yang sama, Odd Thomas. Film yang berdurasi selama satu jam tiga puluh tujuh menit ini disutradarai dan ditulis oleh Stephen Sommers. Odd Thomas dibintangi oleh Anton Yelchin, Willem Defoe, Addison Timlin, dan masih banyak lagi. Film ini rilis premier di River Bend Film Festival pada 6 April 2013, dan rilis di Amerika pada 28 Februari 2013.

Meskipun film ini bergenre supernatural, namun film ini bukan termasuk film horor yang yang menampilkan penampakan yang menyeramkan seperti film horor pada umumnya.

Odd Thomas mengisahkan seorang pemuda, Oddie Thomas atau Odd Thomas (Anton Yelchin), yang mampu melihat roh-roh yang masih “bergentayangan” karena mati penasaran. Kenapa dipanggil Odd (aneh) karena ia memiliki kemampuan supranatural yang aneh, yaitu mampu melihat orang yang sudah meninggal dengan cara tak wajar dan kadang membantu hantu yang masih gentayangan tersebut mencari pembunuhnya.

Odd bekerja sebagai koki di salah satu restoran kecil di kotanya. Ia memiliki kekasih yang sangat cantik, Stormy Llewellyn (Addison Timlin), ia bekerja di toko es krim di mall. Odd juga berkawan dengan polisi Wyatt Porter (Willem Dafoe) yang juga tahu tentang kemampuan Odd. Meskipun kekasihnya tak nyaman dengan kemampuan supranatural Odd, tapi hanya dialah yang menganggap Odd bukan orang aneh.

Konflik muncul ketika makhluk seperti monster transfaran yang disebut Bodach datang seperti mengikuti langkah dan keberadaan manusia. Hanya Odd yang bisa melihat Bodach tersebut. Siapapun yang diikuti terus menerus oleh Bodach, maka akan mati dengan cara yang tak normal. Semakin banyak Bodach muncul akan semakin banyak pembantaian atau orang-orang yang akan mati.

 

Misteri dan thriller di film ini adalah Odd harus menyingkap satu kasus misterius yang selalu mengganggu hidupnya dan akan berdampak buruk pada hidup orang banyak di kotanya. Pemecahan kasus tersebut ia hubungkan dengan mimpinya dan mimpi teman kerjanya.

Secara keseluruhan, jalinan cerita Odd Thomas sangat menarik dengan akhir cerita yang tak terduga. Di akhir cerita, ada satu adegan yang membuat saya terkejut dan tak menduga apa yang terjadi pada kekasih Odd, Stormy. Benar-benar mengejutkan dan membuat akhir cerita film ini setengah sad ending setengah happy ending.

Bagi para pencinta film horor dan penuh misteri, film ini pastinya layak untuk ditonton 🙂

Nilai: 4.5/5