Cara Mudah Bertanam Buah Cherry Australia

Buah Cherry ini mungkin masih asing di telinga orang Indonesia. Australian Beach Cherry ini biasa disebut Cherry Australia. Nama latinnya adalah Eugenia Reinwardtiana. Seperti namanya, buah ini berasal dari pantai Australia. Meskipun buah ini sejenis cherry, namun bentuk buah ini tidak mirip dengan jenis cherry lainnya.

Buah ini memiliki biji yang sedikit besar dibanding jenis cherry lainnya. Pohon buah ini bisa dibeli di tempat penjualan tanaman nursery (obat-obattan) atau tanaman buah. Saat itu harga tumbuhan ini berkisar di harga Rp. 40.000 dengan pohon yang hanya setinggi 50 – 100cm tanpa buah.

Tumbuhan ini termasuk tanaman yang tidak susah dalam pemeliharan dan perawatannya. Hanya disiram saja tiap hari. Tanpa disiram pun tanaman ini akan tetap berbuah. Namun hasil buahnya berbeda. Tanaman yang disiram tiap hari buahnya sedikit besar daripada tanaman yang tidak disiram. Daging buahnya lebih banyak. Rasanya pun lebih enak daripada yang tak disiram. Sedangkan jika tidak disiram, daging buahnya kecil dan rasanya sedikit sepat jika terlalu matang di pohon. Bagusnya tanaman ini juga tak mudah terkena hama. Itu sebabnya tak susah merawat tanaman ini.

Australian Beach Cherry bisa ditanam di pot dan dapat dijadikan tanaman hias. Bisa juga ditanam di tanah dan menjadi tinggi. Di musim kemarau tanaman ini tak berhenti tumbuh dan buahnya manis sekali jika dipetik dalam keadaan matang sempurna, yaitu berwarna merah mengkilap cantik. Lamanya waktu buah dari bentuk akan menjadi buah, berbunga, menjadi buah kecil, lalu matang sempurna memakan waktu kurang lebih seminggu atau 2 minggu.

ini buah yang disiram setiap hari, tapi belum terlalu matang.

 

Meski tidak disiram, buahnya tetap tumbuh banyak.
Karena tidak disiram dan diberi pupuk, buahnya tidak terlalu besar dan rasanya agak sepat meskipun sudah matang sempurna.

Agar daun-daun dan buah dari tanaman ini tumbuh banyak, kita hanya harus memangkas ujung-ujung daun muda tiap 4 bulan sekali. Jika daun dan batang-batang pohon ini sudah tumbuh besar dan kuat, kita hanya harus memangkas beberapa batang di bagian bawah. Biji dari buah yang sudah dimakan bisa ditanam di pot atau tanah dan akan cepat tumbuh.

Semakin tua umur pohon (meskipun hanya ditanam di dalam pot), buahnya akan semakin banyak. Terlebih lagi di musim hujan.