Dear Zindagi (2016)

Dear Zindagi dibintangi oleh aktris muda India Alia Bhatt dan aktor kawakan penuh karisma Shahruk Khan. Film bergenre drama komedi romansa ini disutradarai dan ditulis oleh Gauri Shinde. Dear Zindagi rilis di Amerika pada 23 November 2016 , yaitu dua hari sebelum rilis di banyak negara. Sedangkan rilis di Indonesia, film ini pada 30 November 2016.

Sesuai dengan judulnya Dear Zindagi yang artinya Wahai Kehidupan, rangkaian cerita film ini mengisahkan masalah-masalah kehidupan yang umum dialami oleh manusia yang diceritakan melalui tokoh Kaira.

Film Bollywood berdurasi dua jam tiga puluh menit ini menceritakan tentang seorang wanita muda yang berprofesi sebagai sinematografer, Kaira (Alia Bhatt). Beberapa kali menjalin asmara dengan beberapa pria namun selalu gagal.

Hidup dan pekerjaan menjadi sedikit terganggu karena jalinan percintaan Kaira yang buruk. Kaira yang idealis dalam melakukan pekerjaan mendapat kesempatan bekerja ke Goa, juga rumah orangtuanya. Pulangnya ia ke rumah bukannya membuatnya senang karena kumpul bersama keluarga, namun justru membuatnya tambah pusing karena selalu membicarakan masalah pernikahan.

Kaira mengambil pekerjaan yang ditawari oleh kolega ayahnya di sebuah restoran. Di tempat yang sama, tanpa sengaja ia melihat papan yang bertuliskan “National Covention For Mental Health Awareness”, yang mana acara tersebut berbarengan dengan projek yang sedang ia buat. Karena satu dan lain hal, Kaira harus menghentikan pekerjaannya dan harus menunggu kapan ia harus mulai lagi. Sambil menunggu, Kaira tak sengaja mendengarkan sesi tanya jawab dari acara seminar tersebut yang menurutnya sangat menarik ketika seseorang bertanya tentang ‘gila’. Pertanyaan itu dijawab oleh salah satu narasumber Dr. Jehangir Khan (Shahruk Khan). Dengan gaya Dr. Khan yang menarik dalam menjawab pertanyaan tersebut Kaira tertarik dengan topik tersebut lalu masuk ke dalam ruangan.

Keesokan harinya ia datang ke tempat kerja Dr. Khan untuk menceritakan pergolakan batinnya. Kaira menceritakan semua kisah hidupnya dari kisah cintanya dengan laki-laki yang ia cintai, Raghuvendra, sampai masa kecilnya yang buruk karena orangtuanya harus meninggalkannya di rumah nenek kakeknya. Jug (panggilan Dr. Khan) bukan hanya seorang yang mampu menyelesaikan permasalahan orang lain, tapi ia juga mampu memperbaiki sepeda anak kecil yang selalu datang padanya setiap kali sepedanya rusak.

Dengan cara pikir Jug yang tidak biasa dalam ‘menyembuhkan’ Kaira, ia berhasil membuat Kaira melihat hidup ini dengan sudat pandang yang baru.

What is your fear, Kaira? It’s back in one piece. I believe broken things can be put back together.”

Kata Jug ketika menunjuk ke benda kecil berkostum besi pasukan perang.

Don’t let the past blackmail your present to ruin your beautiful future.

Kata-kata Jug yang akhirnya membuat Kaira berani melangkah ke depan dan mengucapkan “selamat tinggal” pada masa lalu dan mengucapkan “hai” pada hidup yang baru.

Nilai: 4/5