Danur: I Can See Ghosts (2017)

Danur rilis bulan Maret 2017. Film ini diangkat dari novel yang ditulis oleh Risa Saraswati berdasarkan pengalaman pribadinya. Film bergenre horor ini menceritakan seorang anak kecil (Risa) yang selalu kesepian, tinggal bersama ibunya dan beberapa asisten rumah tangga di rumah yang besar dan pohon besar angker di dekat rumah tersebut. Ibunya bekerja dan selalu pulang malam, sedangkan ayahnya diceritakan sedang bekerja di luar negeri. Pada ulang tahun Risa yang ke-8, Risa memohon permohonan bahwa ia menginginkan seorang teman. Doa itu langsung terkabul. William, Jahnsen, dan Peter datang menemui Risa. Mereka bukan teman manusia biasa, melainkan hantu. Sejak saat itu Risa tak lagi kesepian. Asisten rumah tangga Risa sering melihat Risa bicara dan tertawa sendiri. Sampai akhirnya kejadian-kejadian aneh dan janggal membuat ibu Risa menemui dan memanggil ‘orang pintar’ untuk ‘menyembuhkan’ Risa dan tak bisa lagi melihat ketiga teman hantunya.

9 tahun kemudian Risa (Prilly Latuconsina) sudah dewasa dan memiliki seorang adik, Riri. Sama halnya seperti Risa, Riri juga mampu melihat makhluk kasat mata. Saat itu ibu Risa sangat membutuhkan perawat untuk merawat nenek yang sakit. Lalu tiba-tiba muncul sosok perempuan dengan wajah dingin dan sedikit menyeramkan. Risa dan Riri pikir itu adalah perawat yang dikirim oleh teman ibunya. Mereka menyambut perempuan itu dengan suka cita, karena nenek dan Riri akan yang mengurus dan menemani. Pada kenyataannya, ibu Risa tidak mengirimkan siapapun ke rumah, dan hanya Risa dan Riri yang mampu melihat sosok wanita tersebut. Sosok itu adalah hantu yang bernama Asih (Shareefa Danish).

Riri sangat nyaman bermain dengan Asih, tapi tidak dengan nenek yang selalu ketakutan luar biasa ketika Asih datang mendekatinya. Pada suatu hari Riri hilang. Tak ada satupun yang tahu keberadaanya. Risa baru sadar bahwa Asih adalah hantu jahat. Asih adalah hantu yang meninggal bunuh diri di bawah pohon angker dekat rumah Risa. Ia bunuh diri karena kematian anaknya yang masih bayi. Oleh sebab itu, ia sangat suka anak kecil yang akan ia jadikan mangsanya. Riri hampir tak terselematkan. Risa putus asa, dan akhirnya ia meminta bantuan pada tiga teman hantunya yang sudah lama tak bertemu, William, Jahnsen, dan Peter, dengan menyanyikan lagu Boneka Abdi yang biasa dinyanyikan untuk memanggil mereka.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonsia (KBBI) Danur berarti air yang keluar dari bangkai (mayat) yang sudah membusuk. Jalan cerita film ini tidak terlalu kompleks dan hantunya pun tak terlalu menyeramkan. Itu artinya bagus bagi pecinta film horor yang tak terlalu suka penampakan yang berlebihan dan berdarah-darah. Satu lagi yang menarik dari film ini, barangkali, kisah ini ditulis berdasarkan kisah nyata sang penulis buku.

Nilai: 3.5/5