Dismissed (2017)

Dismissed mengisahkan seorang guru Bahasa Inggris, Mr. David Butler (Kent Osborne), yang idealis dalam menyampaikan materi dan memberi nilai pada siswanya. Kelas yang ia ajarkan sedang membahas tentang drama Shakespeare yang berjudul Othello dan Crime and Punishment-nya Dostoyevsky.

Kemudian datang seorang siswa baru pindahan dari San Fransisco, Lucas Ward (Dylan Sprouse), yang sangat cerdas dan perfeksionis. Tidak ingin ketinggalan pelajaran dan nilai semester 1, Lucas mengerjakan semua tugas yang masuk dalam silabus semester tersebut. Ia menguasai materi-materi yang diajarkan oleh Mr. Butler. Itu membuat Mr. Butler sangat terkesan pada Lucas. Ditambah berkesan, ketika Lucas juga sangat jago dalam bermain catur.

gambar. Lucas pada saat di dalam kelas

Kesan baik itu tak berlangsung lama. Pribadi Lucas yang sebenarnya muncul ketika ia selalu ingin menjadi nomor 1, mendapat nilai A, atau yang terbaik. Rentetan perilaku buruknya dimulai ketika ia tak diberi posisi pertama oleh Mr. Butler dalam permainan catur ketika jelas-jelas ia mampu mengalahkan Alex, seorang senior dalam bidang catur di sekolah tersebut. Ia tidak terima dan membuat mata Alex buta saat di ruang laboratorium.

Arogansi Lucas nampak ketika Mr. Butler memberikan nilai B+. Ia tidak terima nilai tersebut atas esai yang sudah ia tulis dengan sangat sempurna. Dari situ tabiat buruknya muncul satu per satu. Ia melakukan apapun untuk membuat hidup Mr. Butler hancur. Hal itu yang selalu ia lakukan ketika guru atau seseorang tidak memberikan nilai terbaik padanya.

Aksi jahat Lucas dimulai dengan merubah isi lamaran Butler ke salah satu perguruan tinggi hingga tanpa pertimbangan apapun ia tidak diterima, lalu ia mengarang cerita yang akan menghancurkan rumah tangga Mr. Butler, membunuh teman sekelasnya, Becca, membuat Mr. Butler dipecat, dan terakhir membunuh istri Mr. Butler. Itu semua ia lakukan hanya karena ia tidak mendapatkan nilai A atas kecerdasan dan kerja kerasnya.

Di kisaran menit 4.57 terdapat dialog yang menarik antara Mr. Butler dan Mr. Sheldon (sesama guru). Mereka membicarakan tentang Internet dan Google. Yang mana siswa dapat mengerjakan dan menulis tugas dengan menulis kata kunci di Search Engine, lalu meng-copy-paste tulisan tersebut.

Mr. Sheldon: “……… These kids don’t even want teachers when they have Google.

Mr. Butler: “Yeah, uh, come on, though. I mean sure yeah, they can get all the facts from the Internet, but Google can’t teach a lesson.

Dismissed ditulis oleh Brian McAuley dan disutradarai oleh Benjamin Arfmann. Film berdurasi 86 menit ini memasukkan cerita drama klasik Othello (Shakespeare) dan Crime dan Punishment (Dostoyevsky) ke dalam adegan awal dan akhir atau klimaks film ini. Kemudian dimasukkan ke dalam argumentasi dan opini yang Lucas gunakan untuk mematahkan hal yang dipertahankan Mr. Butler.

Dalam film ini, jelas sekali bahwa Lucas adalah seorang psikopat remaja. Dari wajah, senyum, dan gestur-gestur, Dylan Sprouse pas sekali memainkan peran Lucas. Dismissed tidak menggambarkan seorang psikopat yang brutal, maksudnya tidak menunjukkan adegan pembunuhan yang sadis dan berdarah-darah. Namun sayangnya, Dismissed tidak menceritakan dengan gamblang apa yang melatarbelakangi sifat psikopat Lucas.

Untuk alasan diatas, saya berikan 4 dari 5 bintang untuk Dismissed.