Radius (2017)

Radius diawali dengan adegan seorang laki-laki, Liam Hartwell (Diego Klattenhoff), yang bangun dengan keadaan tak mengingat apapun atau amnesia dengan kepala berdarah di suatu jalan. Ketika ia berusaha mencari tumpangan di jalan, mobil yang akan menolongnya hampir menabraknya, lalu berhenti. Kemudian ia mendekati mobil tersebut ternyata si pengemudi sudah meninggal. Nampak tak ada yang bisa menolongnya, Liam berjalan menyusuri kota, dan ia menemukan semua orang yang ia temui dalam keadaan tak bernyawa. Bukan hanya manusia yang meninggal mendadak, burung-burung yang terbang di sekitarnya juga ikut mati dengan tiba-tiba di hadapan Liam.

Polisi setempat mencari keberadaan Liam karena mereka menemukan truk yang berada di jalan dengan identitas atas namanya. Ketika beberapa polisi mendatangi rumah Liam, mendekati pintu rumahnya, polisi tersebut meninggal seketika. Liam semakin bingung dengan apa yang telah terjadi.

Awalnya, Liam pikir bahwa penyebab semua itu karena udara atau virus. Namun akhirnya ia tahu ketika seorang perempuan, Rose Daerwood atau Jane (Charlotte Sullivan), yang datang ke rumahnya mengaku mengenal Liam. Hanya itu. Karena Rose juga lupa siapa dirinya dan segala hal yang sudah terjadi padanya. Itu sebabnya orang yang tak mengenalnya memanggilnya Jane.

 

Satu dan beberapa hal yang Liam lihat di sekitarnya mengingatkannya pada peristiwa-peristiwa yang muncul sekilas di ingatannya. Begitu juga dengan Jane. Liam dan Jane mendatangi tempat-tempat yang mereka pikir akan mampu membuka kembali ingatan mereka. Lalu mereka mendatangi rumput yang luas yang terdapat lingkaran besar hitam seperti habis terbakar. Namun Liam tahu itu terjadi bukan karena kebakaran, sayangnya ia tetap tak mengingat apapun.

Pindah ke tempat yang tak jauh dari lokasi itu, akhirnya Liam sadar bawah semua yang mati mendadak di hadapannya terjadi karena keberadaan. Ia menguji coba hal itu ketika Jane berada dekat dan jauh darinya. Semua yang berada di dekatnya sekitar 50 kaki siapapun akan mati terkena radius Liam, tapi jika Jane berada di dekatnya maka tak akan terjadi apa-apa. Jadi, Liam dan Jane tak bisa dipisahkan demi keselamatan hidup setiap makhluk yang berada di dekat Liam. Itu artinya mereka harus selali saling berdekatan dimanapun.

Radius ditulis oleh Caroline Labreche dan disutradarai juga oleh Caroline Labreche dan Steve Leonard. Alur cerita Radius sangat menarik. Penonton dibuat penasaran dengan sebab musabab yang terjadi pada Liam dan Jane/Rose Daerwood. Lalu penonton dibuat tercengang dengan akhir cerita film ini.

 

Radius merupakan film bergenre thriller science-fiction. Namun melihat akhir cerita film ini, saya menyimpulkan bahwa film ini bergenre fiksi ilmiah dan psikopat. Kenapa? Hal itu terungkap di akhir cerita.

Hal yang menarik lainnya, Liam merupakan seorang psikopat yang insaf. Amnesia telah membuatnya sadar, sementara ‘penyakit’ yang mematikan banyak orang dan makhluk hidup tak bisa sembuh darinya.

Catatan: Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Radius atau jari-jari sebuah lingkaran adalah garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan satu titik pada lingkaran tersebut. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Radius adalah Jarak dari pusat ke keliling lingkaran atau wilayah yang mengelilingi suatu tempat yang berjarak sama dari titik pusatnya. Dari kedua sumber tersebut makna Radius memiliki arti yang hampir sama.

Nilai: 4/5