The Florida Project (2017)

The Florida Project merupakan film drama independen Amerika yang rilis pada 5 Oktober 2017. Film ini disutradarai oleh Sean Baker dan dibintangi oleh Willem Dafoe, Brooklyn Prince, Bria Vinaite, Valeria Cotto, Christoper Rivera dan Caleb Landry Jones .

The Florida Project diawali dengan adegan 2 bocah, Moonee (Brooklyn Prince) dan Scooty (Christoper Rivera) yang bertingkah lucu sekaligus nakal di sekitar motel Magic Castle, Florida, dekat dengan World Disney World. Mereka berteriak, bermain ludah, berlarian ke sana sini, dan berkata dengan kata-kata kasar dan jorok, namun dengan ciri khas dan kepolosan anak-anak.

Tokoh sentral dalam film ini adalah Moonee. Anak perempuan berusia 6 tahun yang memiliki seorang ibu, Halley (Bria Vinaite), yang masih sangat muda, perokok, dan beberapa bagian tubuhnya penuh tato. Halley sering merokok dan berkata kasar pada orang lain di depan Moonee. Siang hari ia menjual parfum dan di waktu lain pekerjaannya melacur. Semua perilaku dan kata-kata yang tak sepantasnya disebutkan diikuti oleh Moonee. Ia menjadi anak nakal dan melakukan sesuatu semaunya ditemani teman seumurannya Scooty.

Suatu hari Moonee dan Scooty mengajak teman sebayanya, Jancey (Valeria Cotto), yang tinggal di seberang motel mereka untuk bermain dan mendatangi rumah kosong lalu membakarnya. Ulah itu diketahui ibu Scooty, Ashley (Mela Murder). Sejak saat itu, Scooty  tak lagi diizinkan bermain dengan Moonee dan jatah makan gratis untuk Moonee dan Halley dihentikan oleh Ashley dari tempat ia bekerja.

Moonee tak lagi mempunyai teman yang bisa diajak nakal, jadi ia ikut dengan Halley berjualan parfum. Penghasilan Halley pun tak menentu. Ia selalu menunggak pembayaran sewa motel.

Alur cerita The Florida Project sangat random. Konfliknya hanya mengangkat isu sosial yang terjadi pada Halley sebagai ibu muda yang tak punya pekerjaan jelas dan itu berdampak pada perilaku Moonee yang tak terkontrol. Meskipun tokoh utama film ini seoarang anak kecil, film ini bukan untuk anak-anak. Karena banyak kata-kata kasar yang berkali-kali disebut dalam film ini.

Sejujurnya, alasan menonton film ini karena saya melihat wawancara Brooklyn Prince di YouTube membahas The Florida Project. Bocah itu sangat menggemaskan dalam beberapa wawancara. Karena aktingnya yang bagus dan natural dalam film ini, Brooklyn Prince memenangkan Critics’ Choice Movie Award sebagai Best Young Performer. Begitu pula dengan Willem Dafoe mendapat beberapa penghargaan dari The Florida Project. Dalam film ini, Ia berperan sebagai Bobby, manajer motel Magic Castle. Tentunya, film ini juga mendapatkan beberapa penghargaan dari penganugerah perfilman dari beberapa negara.

Nilai: 3/5