Manfaat Minyak Zaitun yang Belum Banyak Orang Tahu

Zaitun atau olive atau Olea Europaea adalah tumbuhan yang memiliki buah berukuran bulat atau oval kecil berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi kekuningan bila sudah matang. Tumbuhan ini tumbuh di daerah cekungan mediterania dari Potugal ke Levant, semenanjung Arab, dan Asia Selatan. Buah zaitun merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan bisa diolah sebagai bahan makanan dan kecantikan. Buah ini dapat dimakan mentah, diawetkan, dan dijadikan minyak.

Di Indonesia, buah zaitun yang bisa dimakan langsung atau diawetkan atau dikeringkan barangkali masih susah ditemukan. Bahan makanan ini hanya ada di supermarket-supermarket tertentu. Itu pun harganya mahal. Namun untuk minyak yang dihasilkan dari buah zaitun, kita bisa menemukannya dengan sangat mudah. Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak dan kecantikan. Memasak dengan menggunakan minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan karena di dalamnya mengandung lemak tak jenuh. Akan tetapi, sayangnya harga minyak ini tergolong mahal.

Selain untuk memasak, minyak zaitun juga sudah banyak digunakan untuk bahan kecantikan, seperti sabun, hand and body lotion, pembersih wajah, sampo dan lain-lain karena kandungan yang ada di dalamnya baik untuk kulit.

Gambar. Extra virgin olive oil

Dari paparan di atas, minyak zaitun jelas sekali memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Bagi saya, minyak zaitun seperti obat andalan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari saya. Ya, obat. Saya menggunakan extra-virgin olive oil atau minyak zaitun murni untuk digunakan di rumah atau sedang bepergian, tapi bukan minya zaitun yang untuk masak loh ya.

Selama bertahun-tahun saya sudah memakai minyak zaitun murni, dan berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang sudah saya buktikan sendiri manfaatnya:

  1. Untuk Wajah

Minyak zaitun murni sangat baik untuk jenis kulit wajah kering. Lantaran tak mengandung zat kimia, maka minyak zaitun tak memiliki efek samping yang akan merugikan kulit. Minyak zaitun dioleskan secukupnya ke kulit wajah setelah membersihkannya dengan pembersih muka sebelum tidur. Lakukan itu secara rutin. Efeknya akan membuat kulit wajah lebih lembab dan mengurangi kerutan di wajah. Namun, bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak, tidak disarankan memakai minyak zaitun dengan cara ini.

2. Mengecilkan dan menghilangkan jerawat.

Bagi para wanita yang akan memasuki masa menstruasi, kadang jerawat tak bisa dihindari. Untuk meredakan dan mengecilkan jerawat yang tumbuh membandel, oleskan minyak zaitun secukupnya ke bagian wajah yang berjerawat secara rutin. Untuk menghilangkan jerawat dengan memakai minyak zaitun membutuhkan waktu agak lama. Tapi setidaknya minyak ini adalah sesuatu yang alami tak memiliki efek samping yang merugikan kulit wajah.

3. Menyembuhkan luka dan memar.

Hal ini kedengarannya aneh. Namun ketika salah satu bagian tubuh saya terkena pisau atau benda tajam, terbentur sesuatu yang keras lalu memar, saya hanya mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang terluka selama beberapa kali. Oh ya satu lagi, Extra Virgin Olive Oil juga bisa meredakan rasa sakit, mengempeskan cantengan, benjol, bentol, luka bakar, dan menghilangkan rasa tangan panas karena cabai. It works. šŸ™‚ 

4. Menghentikan darah yang mengalir.

Ini mungkin terdengar lebih aneh. Namun minyak zaitun murni benar-benar melakukannya dengan baik. Biasanya, alkohol adalah satu-satunya pilihan yang dipakai untuk menghentikan darah yang terus mengalir, tapi minyak zaitun murni bisa jadi pilihan lain untuk menghentikan darah dengan cepat dan tanpa rasa perih. Ada cerita menarik tentang manfaat yang satu ini. Minyak Zaitun ini benar-benar menjadi penolong. Sore itu, Adik (2,5 tahun) dari siswa privat saya yang berkebangsaan Kuwait bibir atasnya sobek karena ia memainkan pencukur kumis dan jenggot ayahnya. Darah tak berhenti mengalir. Sang ibu hanya mengandalkan tisu untuk membersihkan darah, tapi tak bisa menghentikan darah segar itu. Berlembar-lembar tisu tak juga menghentikan darah yang mengalir deras. Saya menawarkan gula untuk menghentikan darah tersebut. Namun sang ibu menolak dan lebih memilih tisu. Tanpa pikir panjang, saya mengambil minyak zaitun yang selalu saya bawa bila berpergian. Saya mencoba menawarkan minyak ini. Awalnya sang ibu nampak ingin menolak lagi, namun ketika saya bilang bahwa yang saya tawarkan adalah minyak zaitun, ia langsung setuju untuk mengoleskan minyak ini. Hasilnya, setelah 1 sampai 2 menit minyak ini bekerja dengan sangat baik. Darah tak lagi keluar dari kulit sang bocah.

5. Menghilangkan gatal dan kutu air.

Ya, minyak zaitun murni mampu menghilangkan gatal karena kutu air, digigit serangga atau karena biang keringat. Hanya oleskan minyak secukupnya ke bagian yang gatal.

6. Meredakan radang tenggorokan dan rasa gatal di tenggorokan.

Radang tenggorokan atau rasa gatal di tenggorokan yang mengakibatkan batuk membuat rutinitas kita terganggu dan tubuh rasanya tak nyaman. Meminum satu atau dua sendok minyak zaitun murni bisa meredakan rasa sakit tersebut. Namun, untuk melakukan hal yang satu ini butuh keberanian. Lantaran rasa dan bau minyak zaitun yang tak enak.

Itulah beberapa manfaat yang saya dapatkan dari minyak zaitun murni atau extra-virgin olive oil. Selamat mencoba! šŸ™‚