Downsizing (2017)

Downsizing merupakan film drama komedi sains-fiksi . Film ini disutradarai oleh Alexander Payne, ditulis oleh Jim Taylor dan dibintangi oleh Matt Damon, Kristen Wiig, Hong Chau dan lain-lain.

Seorang ilmuwan bernama Dr. Jorgen Asbjornsen (Rolf Lassgard)  berhasil melakukan eksperimen mengecilkan ukuran tubuh melalui tikus sebagai percobaannya. Kemudian hal tersebut diuji coba pada manusia dan berhasil. Dengan suntikan cairan yang diberi nama Downsizing Solution, tubuh manusia bisa mengecil setinggi 5 inci. Tujuan sang ilmuwan melakukan eksperimen tersebut adalah untuk mengurangi “pembuangan atau pemborosan” dan hal-hal yang tak berguna yang terus bertambah jumlahnya di muka bumi. Efek semua itu akan mengurangi “sampah” yang mengotori bumi yang hampir punah.

Hasil eksperimen pengecilan tubuh yang dilakukan oleh Dr. Jorgen diuji coba pada dirinya sendiri, istrinya, dan beberapa orang yang bersedia melakukan pengecilan. Ia berhasil dan membentuk kota yang diberi nama Leisureland, kota yang dirancang untuk orang-orang yang melakukan pengecilan tubuh.

Seorang pasangan suami istri, Paul Safranek (Matt Damon) dan Audrey Safranek (Kristen Wiig), mengalami masalah keuangan dalam rumah tangga mereka. Pada saat mereka menyaksikan sendiri orang-orang “kecil” dan mengamati segala manfaat yang didapat, mereka memutuskan untuk mengecilkan tubuh mereka.

Sebelum melakukan hal itu, terlebih dahulu mereka ditanya beberapa pertanyaan untuk benar-benar meyakinkan keputusan mereka. Jawaban mereka direkam sebagai bukti bahwa mereka setuju dengan semua perjanjian yang sudah disepakati. Paul nampak yakin dengan keputusannya, sementara Audrey nampak tidak terlalu yakin tapi ia tetap menyetujui semua pertanyaan dan perjanjian yang diajukan.

Pada saat prosesnya tiba, Audrey mengundurkan diri dari pengecilan tubuh lantaran ia tak rela kepala, alis, dan semua bulu yang ada di tubuhnya dicukur pada proses pertama. Ia baru memberi kabar itu pada Paul setelah Paul mengecil. Paul marah, namun ia harus menerimanya karena keadaan tubuhnya sudah berubah mengecil. Lalu setahun kemudian mereka bercerai.

Paul memcoba menikmati dan menjalani hidupnya di Leisureland sambil mencari peruntungan di tempat itu. Namun bukan peruntungan yang ia dapat, hidupnya malah semakin tak karuan.

Hidup Paul sedikit berwarna ketika ia bertemu dengan wanita Vietnam, Ngoc Lan (Hong Chau), di rumah temannya, Dusan (Christoph Waltz). Ngoc Lan bekerja di rumah Dusan dan melakukan beberapa pekerjaan untuk memberi makan teman-teman di sekitar tempat tinggalnya. Ia adalah seorang aktivis politik wanita yang pernah dipenjara dan dipaksa melakukan pengecilan tubuh. Namun berhasil melarikan diri ke Amerika Serikat dengan masuk ke dalam kotak TV. Malang nasibnya, kaki kirinya harus diamputasi.

Ide cerita Downsizing menarik, tapi tidak dengan jalan ceritanya. Lama durasi sepanjang 2 jam lebih dengan cerita yang monoton juga konflik yang biasa saja membuat saya menguap berkali-kali. Lantaran mengantuk, alhasil beberapa kalimat bagus dalam film ini terlewatkan. Hehe

Nilai: 3/5