Dave Made a Maze (2017)

Film Dave Made a Maze mengisahkan tentang seorang laki-laki berusia 30 tahun, Dave (Nick Thune), mebuat labirin yang terbuat dari kardus di ruang tamu rumahnya. Kekasih Dave, Annie (Meera Rohit Kumbhani), yang baru pulang bepergian terkejut mendapati Dave berada di dalam labirin dan terjebak di dalam labirin yang ia buat sendiri selama 3 hari.

Annie meminta izin untuk masuk ke dalam labirin itu, tapi Dave melarangnya karena terlalu bahaya jika ia masuk ke dalamnya. Lalu Annie menyarankan Dave untuk membongkar labirin tersebut supaya ia bisa keluar dengan mudah. Namun Dave juga melarangnya dengan alasan ia sudah membangun labirin tersebut dengan kerja keras. Tak tahu apa lagi yang harus dilakukan untuk membantu Dave, Annie meminta temannya, Gordon (Adam Busch), untuk datang ke rumahnya dan membantu mencari jalan keluar untuk Dave. Pikiran Gordon buntu. Ia menyarankan hal yang sama, yaitu menghancurkan labirin tersebut.

Hari berikutnya Gordon datang bersama beberapa temannya, Harry (James Urbaniak), Brynn (Stephanie Alynne), Jane (Kristen Vangsness), Greg (Tim Nordwind), dan 2 peliput Boom Operator (Frank Caeti), dan Cameraman (Scott Narver), namun hasilnya tetap nihil. Tak ada yang bisa mereka lakukan.

Tak ada pilihan lain, Annie, Gordon, dan yang lainnya masuk ke dalam labirin yang nampak hanya seperti banguna kartus biasa saja itu. Memasuki lorong pertama, Annie dan lainnya dibuat takjub dengan ruangan itu. Ukuran di dalam labirin benar-benar berbeda dari yang nampak dari luar labirin. Setiap sudut ruang di dalamnya nampak tak sekecil yang terlihat dari luar. Di dalamnya banyak hal yang menunjukkan bukan hanya sekadar labirin kardus, juga hal-hal buruk yang terjadi pada mereka.

Annie dan teman-teman yang masih hidup akhirnya berhasil menemukan Dave, namun keadaan di dalam labirin makin menyeramkan. Dave baru mengakui bahwa labirin tersebut belum selesai ia kerjakan. Untuk bisa keluar dari situ, maka mereka saling bekerja sama menjalankan apa yang diperintah Dave.

Dave Made a Maze disutradarai oleh Bill Watterson, ditulis oleh Bill Watterson dan Steven Sears. Jalan cerita Dave Made a Maze kurang saya tangkap dengan baik. Banyak hal yang menurut saya tak masuk akal dari labirin yang hanya terbuat dari kardus. Seperti misalnya, tiba-tiba mereka berubah menjadi boneka kardus seperti wayang di satu tempat. Lalu pada saat di meja makan, Annie dan Dave berubah-ubah rupa dengan kostum yang berbeda profesi yang terbuat dari kertas dan kardus. Kemudian yang terakhir Brynn hidup dalam bentuk boneka kardus yang menyeramkan. Namun terlepas dari semua itu, ide dan konsep cerita Dave Made a Maze unik dan kreatif.

Nilai: 3/5