Ridge Runners (2018)

Ridge Runner bercerita tentang pencarian seorang gadis berusia 12 tahun, Halley Dawn (Tatum Chandler), yang dilakukan oleh polisi Rachel Willow (Jennica Schwartzman) dan rekan kerjanya Rob Sheperd (Austin Haley).

Setelah mendapat aduan dari Maddie Dawn (Charlee Graham), ibu dari Halley, Willow dan Sheperd langsung mendatangi tempat-tempat yang berhubungan dengan keseharian Halley untuk melakukan investigasi dan mencari informasi.

Pertama mereka mendatangi tetangga terdekat yang sering Maddie datangi. Sayangnya, tak ada satupun petunjuk dari beberapa informasi yang mereka dapatkan. Sampai-sampai Sheperd berpikir bahwa mereka bekerja di hari yang buruk dan selalu ada informasi yang salah dengan mengatakan kebohongan. Maksudnya adalah setiap orang pernah berbohong atau membuat kebohongan.

But everybody lies, right. We lie to our parents, we lie to our spouse,…… yeah we all justify things. I think the better liar you are, the worse things you can justify. Some people are just born to be better liar than others” Sheperd

Tempat kedua yang mereka datangi adalah sekolah Halley. Mereka mencari informasi dari guru Halley, Ethan Flynn (Ryan Schwartzman) tentang keseharian Halley di sekolah. Flynn mengatakan bahwa Halley anak yang pandai dan berkelakuan baik. Dari sekolah mereka beranjak ke tempat kerja Halley. Disana mereka mengiterogasi bos Halley, Clayton Woods (Jason Thompson). Lalu bertemu dengan seorang laki-laki, Truman Duncan (Christopher Howell), yang selalu menjadi peserta balapan di tempat dimana Halley bekerja. Lagi-lagi, mereka masih belum mendapat petunjuk apapun.

Mereka mendatangi rumah Maddie, dan mengatakan bahwa mereka belum mendapatkan petunjuk apapun. Maddie sangat sedih dan menyesal. Ia berharap bisa memutar waktu dan belajar menjadi orangtua yang sabar. Lalu berkata sambil tersedu:

Nobody gives you any instruction on how to be a parent, especially by yourself.”

Di hari berikutnya, Willow dan Sheperd masih menjalankan tugasnya mencari keberadaan Halley. Ketika hampir menemukan beberapa petunjuk, Sheperd tewas tertembak. Atas kejadian tersebut, Willow putus asa dan ingin menghentikan kasus ini. Parahnya lagi, ia ingin berhenti menjadi polisi yang sejak awal bukan profesi yang ia inginkan. Alasan ia menjadi polisi adalah karena ayahnya menginginkannya menjadi polisi dan akan bangga padanya akan pekerjaan mulia itu. Ibu Willow, Rebecca Willow (Kathrine Forbes), yang selalu ada untuk menguatkan saat Willow sedih dan terpuruk berkata:

You have to fight for that. For hope.”

The woman that you have become, the woman you are…… Quitting just proved them right. Quitting would say, that the hands you were dealt was the hands that you deserved.”

Ridge Runner disutradarai oleh Hunter West dan ditulis oleh Austin Lott. Film ini bertemakan tentang perdagangan manusia atau Human Trafficking.

Di awal film ini tertulis fakta bahwa:

  • Tahun lalu, lebih dari 7500 kasus perdagangan manusia dilaporkan di Amerika.
  • Rata-rata usia korbannya adalah 13 tahun.

Tidak seperti film Relentless (2018) yang juga mengangkat tema Human Trafficking, Ridge Runner tidak menghadirkan adegan kekerasan fisik atau seksual.

Akhir cerita film ini membuat saya menebak-nebak siapa sesungguhnya yang membawa Halley ketika Truman Duncan datang menghadap Willow. Dan siapa dalang dibalik hilangnya Halley sungguh mencengangkan.

Kesimpulan yang saya ambil dari cerita ini adalah,

Seburuk apapun keadaan dan kondisi sebagai orangtua atau orang dewasa, anak tidak seharusnya dijadikan korban dengan merampas hidup, kebahagiaan, dan haknya.”

Nilai: 4/5