Belajar Bahasa Betawi

Indonesia memiliki lebih dari 721 bahasa daerah. Diantara ratusan bahasa daerah tersebut, yang paling banyak sebarannya adalah di Papua dan Kalimantan, sedangkan yang paling sedikit adalah di pulau Jawa. Menurut jumlah penuturnya, bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia secara berturut-turut adalah: Bahasa Jawa (80 juta penutur), Melayu-Indonesia, Sunda, Madura, Batak, Minangkabau, Bugis, Aceh, Bali, Banjar. (Sumber Wikipedia)

Membaca sumber di atas, berarti bahasa betawi termasuk bahasa yang tidak terlalu banyak digunakan di Indonesia. Lahir dan besar di Bekasi, bahasa betawi merupakan bahasa yang sudah akrab di telinga saya karena bahasa tersebut merupakan bahasa tutur Enyak (nenek) Baba (kakek) saya. Banyak yang bilang kota Bekasi adalah pinggirannya Jakarta. Makanya bahasa Betawi orang Bekasi asli disebutnya bahasa Betawi Bekasi. Beberapa kata dalam bahasa Betawi Bekasi merupakan serapan dari bahasa Jawa dan Sunda.

Dalam sehari-hari sebenernya saya ama keluarga kagak pake bahasa Betawi atau Bekasi. Make bahasanya bahasa Indonesia aja atau bahasa yang kagak baku. Bapak saya yang orang Bekasi asli ge kagak pernah ngomong Betawi ama anak-anaknya. Saya ge kagak banyak ngarti bahasa betawi. Cuma kalo saya ngomong bahasa Indonesia logat saya bisa Bekasi bangat beberapa tahun belakangan ini. Kayaknya mah kebawa ama temen kerja yang sama-sama orang asli Bekasi. Makanya nulis beginian biar saya bisa inget ama belajar banyak kata-kata bahasa Betawi. Belajar bareng nyok!

Kata-kata yang saya tulis dibawah ini adalah kata-kata yang sering saya denger dari Enyak (nenek) ama Encing (Bibi) saya kalo mereka lagi ngomong.

  1. Abang: Kakak Laki-laki
  2. Abong: Masa
  3. Ama: Dengan/Bersama
  4. Ambek/ngambek: Tersinggung/Marah
  5. Anggurin: Didiemin/dicuekin
  6. Angob: Menguap
  7. Antep/diatepin: Dibiarin
  8. Awak: Badan
  9. Awang: Males
  10. Awur/Diawur: Sebar/disebar
  11. Baba: Bapak
  12. Bae: saja/sehat/sembuh
  13. Bacot: Sering Berbicara hal yang tak seharusnya
  14. Banda: Harta
  15. Bagel: Timpuk
  16. Bagen: Biarkan saja
  17. Bale: Tempat duduk besar yang terbuat dari kayu (bisa buat duduk bisa buat tidur-tidurran)
  18. Bangke: Bangkai
  19. Bangkis: Bersin
  20. Bangor: Nakal
  21. Bangkotan: Udah tua
  22. Bebuyutan: Dari dulu
  23. Bedegeng: Keras kepala
  24. Bendo: Golok
  25. Begawe: Bekerja
  26. Bego: Tolol (halus)
  27. Bejad: Jelek akhlaknya
  28. Bejibun: Banyak sekali
  29. Bejubel: Penuh orang
  30. Bekoar: Bicara terus
  31. Belaga: Pura-pura
  32. Belagu: Sombong
  33. Belepotan: kotor
  34. Belonjoran: Duduk meluruskan kedua kaki
  35. Benahin: Merapikan
  36. Beol/Berak: Buang air besar
  37. Beset: Robek
  38. Bini: Istri
  39. Bogel: Kuntet
  40. Bopong/Dibopong: Angkat/Diangkat
  41. Boto: Cantik
  42. Budeg: Kurang pendengaran
  43. Bokor: Sejenis mangkuk besar untuk sayur
  44. Butut: Rusak/tak layak pakai
  45. Cekokin: Diminumkan
  46. Celamitan: Minta makanan orang yang sedang dimakan
  47. Celentang: Membaringkan badan
  48. Cengeng: Sering menangis
  49. Comot: Ambil
  50. Congor: Mulut
  51. Comberan: Tempat aliran air yang kotor
  52. Dablek: Keras kepala
  53. Danta: Jelas
  54. Demen: Suka
  55. Dedemenan: Pacar
  56. Demek: Belum terlalu kering
  57. Demplon: Montok
  58. Deprok/Ngedeprok: Duduk di bawah atau di lantai
  59. Jinke: Jinjit
  60. Dongkol: Kesal
  61. Eluh: Kamu
  62. Emak: Ibu
  63. Encang: Paman
  64. Encing: Bibi (Adik perempuan dari orangtua)
  65. Eneng: Panggilan sayang (baik) untuk anak perempuan
  66. Engkong: Kakek
  67. Entong: Panggilan sayang (baik) untuk anak laki-laki
  68. Gacoan: Sesuatu yang diandalkan
  69. Ganjen: Genit
  70. Gaplok: Tampar
  71. Gegerawakan: Teriak-teriak
  72. Gelendotan: Menyandar pada tubuh orang lain
  73. Genjot: Mengayuh
  74. Geprak/Digeprak: Pukul/Dipukul
  75. Geroan: Memanggil
  76. Getap: Rajin
  77. Gidah: Mempersilakan pergi
  78. Girang: Senang
  79. Godot/Digodot: Memotong/Dipotong dengan menggunakan gergaji
  80. Gompal: Tumpul
  81. Gonjet: Tidak rata
  82. Grobok: Lemari makan
  83. Gua: Saya
  84. Jamban: Tempat buang air besar jaman dulu
  85. Idep: Sudah Paham Banyak hal/Sehat pikira
  86. Ilok: Masa iya
  87. jaro: Pagar
  88. Jorogin: Dorong dari belakang
  89. Kagak/Ora: Tidak
  90. Kekeban: Menutup sesuatu dengan selimut atau kain
  91. Kekedik: Menggaruk
  92. Kepladug: Tersandung
  93. Klebes: Basah kuyup
  94. Koan: Iya kan
  95. Kolor: Celana pendek
  96. Koret: Pelit
  97. Kudu: Harus
  98. Lanang: Anak laki-laki
  99. Ledes: Lecet
  100. Lega: Luas
  101. Lepek: Basah kuyup
  102. Lelet: Lambat sekali
  103. Longgar: Kebesaran
  104. Mampet: Tersumbat
  105. Medit: Pelit
  106. Menor: Dandan berlebihan
  107. Manyum: Cemberut
  108. Mendusin: Bangun tidur sebentar lalu tidur lagi
  109. Mindo: Makan nasi untuk kedua kalinya
  110. Mpok: Kakak
  111. Murun: Barangkali
  112. Nandak: Joget
  113. Nanan: Tidak peduli
  114. Nepa: Menular
  115. Ngangon: Mengembala
  116. Nyayab: Selalu keluar rumah
  117. Nyarap: Sarapan
  118. Ngendon: Diam di satu tempat
  119. Ngibul: Bohong
  120. Ngintilin: Mengikuti
  121. Nulad: Meniru
  122. Numpak: Naik (kendaraan)
  123. Nyeker: Tidak memakai alas kaki
  124. Nyelonong: Lewat tanpa permisi
  125. Nyengir: Senyum
  126. Ogah: Tidak mau
  127. Olok: Cepat habis
  128. Oyok-oyokan: Kejar-kejarran
  129. Pangkeng: Tempat tidur yang terbuat dari besi
  130. Paranin: Menjemput
  131. Saban: Tiap
  132. Sonoh: Sana
  133. Sumur: Kamar mandi
  134. Taek: Naik
  135. Tiban/ketiban: Tindih/tertindih
  136. Topo: Kain lap
  137. Tubruk: Menabrak
  138. Tuman: Kebiasaan
  139. Udag/Diudag-udag: Kejar/Dikejar-kejar
  140. Nyuyup: Menyeruput
  141. Wadon: Wanita

Kira-kira cuma segitu dah kata-kata bahasa Betawi Bekasi yang saya ngarti kalo Enyak atau orang Betawi lagi ngomong. Kalo orang Betawi udah ngomong pan kayak orang marah-marah tuh lantaran nada suaranya tinggi. Padahal mah emang dari sononya begitu, bukan lagi marah-marah. Begitu dah, kuan.