Bill Gates

Hampir semua orang yang menggunakan komputer tentu tak asing dengan nama Bill Gates, atau dengan nama lahir William Henry “Bill” Gates III dan lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955. Ia adalah pendiri Microsoft yang menjabat sebagai ketua Microsoft di perusahaan yang ia dirikan bersama temannya, Paul Allen. Pria berusia 62 tahun ini adalah salah seorang pengusaha revolusi Personal Computer (komputer pribadi) di dunia. Bill Gates termasuk salah satu orang terkaya di dunia selama beberapa tahun berturut-turut.

Di usia 21 tahun, Bill Gates sudah menjadi milyuner. Dan ia adalah orang termuda yang menjadi milyuner saat itu. Dari usia remaja, ia sudah sangat mencintai software atau perangkat lunak. Mengikuti kesuksesannya, ia bersama istrinya, Melinda Gates, mendirikan yayasan yang ia beri nama Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan pada tahun 2000.

2 hari lalu, saya menonton Bill Gates di acara talk show Amerika, The Ellen Show. Itu kali pertamanya acara tersebut mengundang Bill Gates sebagai bintang tamu. Dalam perbincangangan tersebut, sang pemilik acara sekaligus host acara tersebut, Ellen Degeneres, membicarakan beberapa hal, salah satunya tentu yang berhubungan dengan bidang yang digeluti oleh Bill Gates yaitu yang berhubungan dengan teknologi. Namun, dalam pembincangan tersebut tidak membahas teknologi lebih detil, melainkan status yang disandang oleh Bill Gates yang menjadi seorang milyuner. Bill Gates telah menyumbangkan $40 milyar untuk yayasannya. Hal itu seperti mendorong para milyuner melakukan hal yang sama. Menurut Ellen, bahwa hal itu juga membuat orang untuk memperbaiki masalah yang ada di dunia.

Lebih lanjut, sang host bertanya pada Bill Gates apa yang menjadi fokus utamanya saat ini. Ia menjawab, “Saya dan istri saya memilih kesehatan global. Faktanya masih terdapat 5 juta anak yang meninggal di usia dibawah 5 tahun. Sebelum kita memulainya terdapat lebih dari 10 juta anak yang meninggal. Jadi jumlah itu adalah kemajuan yang sangat baik selama 18 tahun terakhir. Jadi, hal-hal seperti malaria dan diare akan ada obat dan vaksin.” Hal besar kedua yang ingin Gates dan istrinya lakukan adalah memperbaiki sistem pendidikan di Amerika.

Di akhir wawancara, Ellen mengatakan bahwa Bill Gates telah banyak menyumbangkan banyak uangnya ke seluruh dunia. Terakhir Ellen mengatakan,

You’re making such a huge difference. I’m glad you’re a billionaire.”

Semoga apa yang dilakukan oleh Bill Gates bisa ditiru oleh para milyuner lainnya, terutama milyuner di Indonesia.