Roald Dahl

Nama Roald Dahl saya ketahui setelah menonton film anak favorit saya, Matilda (1996)Charlie and the Factory Chocolate (2005) , dan The BFG (2016) . Roald Dahl lahir di Llandaf, Cardiff, Wales, Inggris pada 13 September 1916. Ia meninggal di Great Missenden, Backinghamshire, Inggris, 23 November 1990 di usia 74 tahun.

Roald Dahl adalah seorang pengarang keturunan Norwegia, negara asal orangtuanya. Sebelum menjadi seorang pengarang, Roald Dahl merupakan seorang atlet alamiah, pilot ulung Royal Air Force atau Angkatan Udara Inggris pada masa perang dunia ke 2, dan seorang fotografer berbakat.

Pada masa kecil sampai remaja, Roadl Dahl menghabiskan waktu pendidikannya di sekolah asrama, St. Peter. Itu karena ia membuat kenakalan yang membuat ibunya harus mengirimnya ke sekolah asrama. Masa-masa itu menjadi masa-masa tidak menyenangkan bagi Roald Dahl karena selalu rindu rumah dan mengirim surat pada ibunya tiap minggu. Ketika ibunya meninggal, ia baru tahu bahwa ibunya menyimpan semua surat yang ia tulis dalam gulungan yang diberi nama Boy. Surat-surat itu dijadikan salah satu dokumentasi masa kecil Roald Dahl sampai menjadi Penerbang Royal Air Force.

Roadl Dahl selalu menghabiskan masa liburannya di Norwegia, negara asal orangtuanya. Pada saat ia sekolah di St. Peter, sebuah perusahaan cokelat, Cadbury, kadang mengirimkan berdus-dus cokelat ke sekolanya untuk diuji coba oleh anak-anak sekolah tersebut. Tentunya anak-anak sangat menyukainya. Dari kejadian ini lah, Roadl Dahl menulis cerita Charlie and the Factory Chocolate.

Sebelum menjadi seorang penulis, Roald Dahl menjalani pekerjaannya sebagai fotografer dan menerima beberapa penghargaan dari pekerjaan itu, dan ia seorang pilot yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang ini. Baru pada tahun 1942, Roald Dahl mulai menulis pada saat ia dipindah-tugaskan ke Washington sebagai Wakil Atase Udara. Ia menulis tentang pengalaman-pengalaman hidupnya. Artikel pertamanya yang terbit di koran Saturday Evening Post berjudul Shot Down Over Lybia. Cerita tersebut merupakan pengalaman pribadinya pada saat berada di Lybia.

Pada tahun 1964, ia mulai menulis novel anak-anak yang berjudul Charlie and the Factory Chocolate. Kemudian pada tahun 1982, ia menulis novel The BFG (Big Giant Friendly). Pada tahun 1988, novel Matilda terbit dan memenangkan Children Book Awards. Setelah itu, baik novel ataupun film Matilda sangat disukai banyak orang hingga sekarang.

Pada tahun 2005, The Roald Dahl Museum and Story Center dibuka di Great Messenden untuk merayakan dan melestarikan karya-karya Roald Dahl.

Beberapa kutipan Roald Dahl:

A person who has good thoughts cannot ever be ugly. You can have a wonky nose and a crooked mouth and a double chin and stick-out teeth, but if you have good thoughts, they will shine out of your face like sunbeams and you will always look lovely.”

It doesn’t matter who you are and what you look like, as long as somebody loves you.”

Never do anything by halves if you want to get away with it. Be outrageous. Go the whole hog.”

It’s impossible to make your eyes twinkle if you aren’t feeling twinkly yourself.”