Cara Membuat Makanan Tradisional Klepon

Sebagai negara yang memiliki lebih dari 30 provinsi, Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas dari masing-masing daerahnya. Di setiap daerah memiliki jajanan pasar masing-masing atau sering disebut dengan makanan tradisional. Jajanan tersebut terbagi 2, yaitu jajanan atau makanan basah dan kering.

Salah satu jajanan tradisional atau makanan basah yang masih bisa ditemukan di beberapa tempat adalah Klepon, jajanan khas jawa. Klepon khas jawa ini biasanya dimakan dengan Tiwul, makanan yang berbahan baku singkong. Di tempat saya tinggal, Bekasi, jajanan ini biasanya dijual di pagi hari yang dijual oleh ibu penjual keliling dengan membawa bakul dan keranjang. Jajanan ini sangat murah dan mengenyangkan hanya dengan dua ribu rupiah.

Selain murah, membuat Klepon juga yang sangat mudah. Teman saya (bersuku Jawa) yang sangat senang sekali membuat makanan tradisional mengajak saya membuat makanan khas jawa ini. Ternyata sangat mudah membuatnya dan bahan yang dibutuhkan tidak sulit didapatkan.

Bahan-bahan:

  • 1/4 Tepung ketan putih
  • Air putih secukupnya
  • Gula merah secukupnya (iris-iris tipis)
  • Kelapa parut
  • Garam
  • Daun pandan
  • Pasta cair berwarna merah (sesuai selera)

Cara membuatnya:

  1. Masukkan tepung ketan putih ke dalam wadah, beri sedikit garam, dan sedikit pewarna makanan.
  2. Masukkan air putih secukupnya.
  3. Uleni campuran tepung ketan dan air sampai adonan kalis. 
  4. Setelah adonan menjadi kalis, ambil sedikit adonan, pipihkan kemudian masukkan gula merah, tutup gula merah dengan adonan, lalu bentuk bulat-bulat kecil atau sedang.
  5. Sambil membulat-bulatkan adonan, siapkan panci yang berisi air, masukkan daun pandan, lalu masak hingga mendidih.
  6. Setelah air mendidih, masukkan bulatan-bulatan tersebut ke dalam panci, tunggu hingga mengambang.
  7. Jika bulatan-bulatan sudah mengambang itu artinya sudah matang.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Guling-gulingkan bulatan-bulatan itu di atas kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam.
  10. Klepon siap dihidangkan dan disantap.

Tak sampai setengah jam, makanan tradisional ini sudah bisa kami santap. Rasanya gurih, lumer manis di lidah, kenyal, dan teksturnya lembut karena terbuat dari tepung ketan, dan pastinya mengenyangkan. Dengan ukuran 1/4 tepung ketan, jumlah bulatan-bulatan yang kami hasilkan sekitar 30 lebih.

Silakan mencoba 🙂