20 Detik Menghilangkan Rasa Takut

Setiap manusia diberi bermacam rasa atau emosional oleh Tuhan Sang Maha Pencipta. Salah satu rasa itu adalah rasa takut. Rasa takut bisa muncul karena pelbagai alasan. Beberapa orang takut akan ketinggian, kecepatan, dan kedalaman, beberapa orang takut berbicara di depan umum dan mengungkapkan sesuatu, dan beberapa yang lainnya takut akan sesuatu atau benda. Rasa takut yang berlebihan disebut dengan phobia.

Terkadang, rasa takut bisa muncul karena pertambahan usia. Semakin tua usia, beberapa orang merasa semakin besar rasa takut yang bersemayam di dalam dada dan pikiran. Barangkali itu yang saya rasakan saat ini, dan mungkin terjadi juga bagi beberapa orang.

Rasa takut sesungguhnya muncul dari pikiran kita sendiri. Begitu pula dengan keberanian yang didapat dari sesuatu yang juga berasal dari hasil pikiran.

Saya ingin menghubungkan rasa takut ini dengan salah satu tempat wisata yang memacu adrenalin atau yang menimbulkan rasa takut dan berani dalam waktu yang bersamaan. Yep, tempat wisata yang saya maksud adalah Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol.

Gambar. Salah satu wahana di Dunia Fantasi

Hampir semua orang Indonesia tahu tempat wisata Dunia Fantasi atau Dufan. Entah sudah berapa kali saya mendatangi tempat wisata yang beberapa wahananya sangat menguji adrenalin ini, dari saya masih kecil sampai setua sekarang. Namun rasa takut yang timbul pada saat berada di tempat tersebut berbeda. Sewaktu kecil, kemudian remaja dan dewasa, nampak tak ada rasa takut untuk mencoba beberapa wahana yang sedikit ekstrim. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, rasa berani itu perlahan mulai luntur.

Sejak menuju dewasa, saya tak pernah lagi bahkan tak ingin mencoba wahana yang memacu adrenalin dengan kecepatan yang bisa dibilang biasa saja lantaran rasa berani yang menciut. Ketika menyadari rasa takut tersebut, saya mencoba bermain dengan pikiran saya ketika untuk kesekian kalinya saya menghabiskan liburan dan waktu bebas saya di Dufan.

Dengan menghadirkan kata-kata yang memberanikan dan meyakinkan diri sendiri bahwa hal itu tak akan berlangsung lama, akhirnya saya memberanikan diri dan berhasil menaiki beberapa wahana yang hanya berjalan tidak lebih dari 5 menit. Dan hal-hal yang menakutkan itu tidak akan berlangsung selama lebih dari 20 detik.

Waktu 20 detik dalam ketakutan akan hilang dibawa oleh kecepatan, ketinggian, teriakan lepas, dan berpegangan dengan kuat. Ketika mampu melawan rasa takut tersebut, waktu 20 detik yang menakutkan berubah menjadi 20 detik yang menyenangkan dan melegakan. ?

Waktu 20 detik dalam ketakutan ini bisa juga terjadi dan berlaku untuk hal apapun yang membuat kita tak ingin melakukannya. Jadi intinya, COBA dan LAKUKAN. Seperti kata-kata lawas nan familiar dan sederhana:

You will never know till you try.”

Atau kata-kata yang sama seperti dalam sebaris lirik lagu Fix You milik Cold Play,

If you never try you’ll never know.”