The Clapper (2018)

The Clapper merupakan film Amerika bergenre drama komedi. Film ini rilis di Amerika pada Januari 2018. The Clapper disutradarai dan ditulis oleh Dito Montiel, dan dibintangi oleh Amanda Seyfried, Ed Helms, Tracy Morgan, Adam Levine (vokalis Maroon 5), dan lain-lain. Membaca nama Adam Levine di awal film adalah salah satu alasan saya menonton film ini. ?

The Clapper menceritakan tentang seorang penonton bayaran, Eddie Krumble (Ed Helms, yang juga memproduseri film ini), yang tugasnya bertepuk tangan, tertawa, atau bertanya dalam suatu acara televisi. Eddie Krumble tiba-tiba menjadi terkenal ketika salah satu acara televisi Stillerman Show yang dibawakan oleh Stillerman (Russell Peters) memperhatikan Eddie Krumble yang menjadi penonton di beberapa acara dengan penampakan yang berbeda seperti memakai kumis, jenggot, dan topi. Gara-gara acara tersebut dan sang pembawa acara, Eddie dicari-cari oleh beberapa media televisi dan menjadi terkenal lewat channel YouTube. Dalam sekejap, mendadak semua orang yang mengenalinya di jalan dan ingin mengambil foto bersamanya bak bintang film Hollywood. Dan itu membuatnya sangat tak nyaman.

Sementara itu, Eddie jatuh cinta pada seorang penjaga kasir pom bensin, Judy (Amanda Seyfried). Judy pun menyukainya. Beberapa kali Eddie mengajak Judy makan malam di restoran fast-food, Eddie menyebut hal itu dengan cheap dating atau kencan dengan budget murah. Mereka membicarakan banyak hal dan salah satunya adalah tentang pekerjaan yang sedang dijalani oleh Judy. Bahwa ia tidak terlalu nyaman dengan pekerjaan yang membuatnya harus selalu berada di dalam “kotak” dan menerima uang dari orang-orang yang telah mengisi bensin.

It’s nice to see the animal behind bars, hhm, I mean, like, you know, they, there’s just nobody stuck somewhere that you don’t want to be.”

Judy menginginkan pekerjaan normal seperti orang-orang pada umumnya. Namun Eddie beruntung, Judy tak mengetahui pekerjaan Eddie di saat hampir semua orang membicarakan tentangnya. Itu karena TV milik Judy rusak dan ia tak menonton TV.

Acara TV Stillerman masih mencari keberadaan Eddie untuk mereka wawancarai. Sahabat Eddie, Chris Plork (Tracy Morgan), diutus oleh Eddie ke acara tersebut atas undangan yang diberikan pada Eddie. Yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Di menit 37.11, Adam Levine nampak dengan ke-keren-an-nya berperan sebagai Ralph Ratner, seorang produser acara Stillerman Show.

Masalah baru buat Eddie muncul ketika Judy tidak bekerja lagi di pom bensin lantaran ia dipecat karena tak mau menjawab pertanyaan-pertanyaan kru TV yang bertanya perihal tentang Eddie. Eddie kehilangan jejak Judy. Akhirnya untuk menemukan Judy, Eddie datang ke Stillerman Show untuk menemukan keberadaan Judy melalui acara tersebut. Acara tersebut pastinya sangat menyambut kedatangan Eddie yang sudah mereka tunggu-tunggu. Tentunya, acara itu memanfaatkan banyak cara untuk menaikkan rating acara tersebut pada setiap perbincangan mereka bersama Eddie. Seseorang yang juga menjadi bintang tamu dalam acara tersebut yang nampak paham dengan dunia showbizz menasehati Eddie di ruang tunggu:

You’ve gotta take control of your life. When people try to sway you away form what you want, you’ve got to back reel them in. Take control of your destiny.”

Bagi saya, cerita The Clapper sangat menarik. Di akhir cerita, setelah 6 bulan kemudian, saya pikir Eddie tak akan bertemu lagi dengan Judy karena Judy tak akan menonton TV dan tak akan tahu tentang apa yang Eddie rasakan padanya. Namun pada saat Eddie pasrah, Judy tiba-tiba datang dengan mengatakan “I love you” pada Eddie.

Meskipun jalan cerita The Clapper sederhana dan biasa saja, tapi saya merasa film ini bukan hanya sekadar film drama komedi. Dalam film ini, saya menyukai cara Eddie mengungkapkan dan menunjukkan perasaanya pada Judy dengan gaya sederhana, jujur, apa adanya tak berlebihan, tapi mampu memunculkan emosional saya.

Profesi yang dilakukan Eddie dan acara Stillerman mengingatkan saya pada penonton bayaran dan acara reality dan talk show yang ada di Indonesia.

Nilai: 4/5