Dear Dictator (2018)

Dear Dictator merupakan film bergenre komedi satir. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Lisa Addario dan Joe Syracuse. Karakter utama dalam film ini adalah Michael Caine, Katie Holmes, dan Odeya Rush.

Dear Dictator menceritkan tentang gadis remaja Amerika pemberontak, Tatiana Louise Miles (Odeya Rush). Ia hidup dengan ibunya, Darlene Miles (Katie Holmes) yang bekerja sebagai asisten dokter gigi. Tatiana sangat mengidolakan seorang diktator negara kepulauan yang terkenal yang bernama Anton Vincent (Michael Caine). Saking menyukai diktator tersebut, Tatiana memakai pakaian yang bergaya seperti Anton. Setiap hari ia berkirim surat dan Anton Vincent selalu membalasnya.

Sampai suatu ketika, Anton melarikan diri dari negaranya dan lari ke rumah Tatiana. Reaksi mereka nampak biasa saja pada saat baru pertama kali bertatap muka,

Anton: “You’re smaller than I imagine.”

Tatiana: “You’re older.”

Selama berada di rumah Tatiana, Anton mengajarkan hal-hal tentang politik, menjadi pemberontak yang benar, dan menjadi revolusioner. Berkat kata-kata Anton, Tatiana berhasil melaksanakan kudeta-nya yang ia lakukan pada 3 temannya yang selalu usil padanya. Ia menulisnya di buku catatannya:

Coup de Tatiana:

  1. Take out leader ✔️
  2. Foment Unrest ✔️
  3. Assume Authority ✔️

In your world. You have power.” -Anton Vincent-

Awalnya hubungan Tatiana dan Anton berjalan lancar, namun terakhir Tatiana membenci Anton karena ia dengan sengaja mengirimkan video yang ia simpan untuk dirinya sendiri. Video tersebut sengaja Anton kirim kepada teman-temannya. Tatiana sangat marah, bahkan ia mengatakan bahwa Anton adalah seorang penipu. Lalu Anton membalas dengan tenang,”

Penipu adalah orang yang berpura-pura jadi orang lain. Aku apa adanya. Orang dengan masa lalu dan jelas orang dengan masa depan.”

Alur cerita Dear Dictator maju. Ide ceritanya standar seperti cerita dunia remaja pada umumnnya tapi sedikit menghibur karena film ini bergenre komedi satir. Dalam beberapa dialog antara Tatiana dan Anton Vincent, Anton selalu menyindir isu tentang kehidupan Amerika, seperti sistem pendidikan dan pola hidup.

Katie Holmes dan Odeya Rush yang saya lihat di The Giver (2014)  berakting sangat kalem, di film ini mereka berakting lucu, bahkan Katie Holmes sangat lucu dan konyol. Dalam film ini, Katie Holmes berperan sebagai ibu yang sangat genit pada setiap laki-laki yang ia temui dan sangat jatuh cinta pada rekan kerjanya, Dr. Charles Seaver (Seth Green) yang sudah beranak dan beristri.

Beberapa kata kutipan menarik yang dikatakan oleh Anton Vincent:

Hati Nurani menjadikan kita semua pengecut. (Hamlet)

Itu lebih baik seseorang kehilangan kepalanya daripada negara yang kalah perang.”

Aku terikat di tiang pancang, tapi aku tetap dengan tujuanku. (King Lear).”

Rebel, you found your voice.”

Nilai: 2.8/5