Prodigy (2017)

Prodigy merupakan film Amerika yang bergenre drama thriller misteri. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam dua puluh menit ini disutradarai dan ditulis oleh Alex Haughey dan Brian Vidal. Prodigy rilis di Amerika pada 13 Maret 2018.

Film Prodigy menceritakan tentang seorang anak perempuan 9 tahun, Eleanor atau Ellie (Savannah Liles), yang menderita kompleksitas superior yang parah dan sosiopat. Dari awal melihat bocah ini saya sudah dibuat terkesan dengan tutur kata dan daya pikirnya yang sangat cerdas, kritis, spesifik, detil, dan sedikit sinis.

Gaya bicara Ellie tak layaknya seorang anak berusia 9 tahun. Seorang analis, James Fonda atau Jimmy (Richard Neil), diminta oleh Olivia Price (Jolene Andersen), teman kuliahnya, untuk membantu menyembuhkan Ellie. Olivia adalah bos yang menangani kasus Ellie bersama ayah Ellie, Kolonel Birch (Emilio Palame), Dr. Keaton (David Linski) seorang Psikiater, dan Dr. Warner (Harvey Q. Johnson) seorang ahli biokimia. Sebelum Jimmy, sudah ada beberapa orang yang mencoba menganalisis dan menyembuhkan Ellie, namun tak ada yang berhasil.

Tidak seperti analis sebelumnya yang selalu membaca berkas tentang Ellie sebelum berhadapan langsung dengan Ellie, Jimmy tak membaca selembar berkas pun tentang riwayat hidup Ellie. Ia ingin berbicara dan mendengar langsung semuanya dari Ellie.

Di ruangan yang sangat tertutup dan terpasang alat-alat tertentu, dengan pakaian dan alat yang mengikat Ellie, Jimmy memulai analisanya dengan melakukan permainan kartu dengan gambar-gambar abstrak. Satu per satu Jimmy menunjukkan kartu tersebut pada Ellie. Dengan cara pikir dan pandang, Ellie menggambarkan gambar kartu itu dengan sangat spesifik dan detil atas gambar-gambar yang berada di depan matanya. Ketika Jimmy mengatakan bahwa Ellie menyebut 4x kata darah atas beberapa gambar, Ellie mengoreksinya bahwa ia menyebutnya kata itu sebanyak 5x.

Dari cara itu, Jimmy mulai memahami kata apa yang membuat reaksi Ellie nampak lebih terlihat. Yaitu kata ibu dan cinta. Ellie mengatakan bahwa:

Love is the guise under which selfishness operates. Parents only love their children so long as they maintain control ever them. (Cinta adalah kedok keegoisan. Orangtua mencintai anak-anak mereka selama punya kendali atas diri mereka).

Mendengar, bertemu langsung, dan menganalisis Ellie yang memiliki intelektual tinggi dan detil membuat Jimmy membutuhkan waktu untuk berpikir lebih dalam. Ellie tidak seperti apa yang ia pikirkan. Jimmy membutuhkan beberapa waktu. Namun sayangnya ia tak memiliki banyak waktu untuk berpikir lantaran eksekusi Ellie sudah dijadwalkan esok hari oleh ayahnya sendiri, Kolonel Birch. Jika Jimmy tak berhasil menyembuhkan Ellie, maka Ellie akan dieksekusi dengan membedah isi kepalanya. Menurut Dr. Keaton, itu adalah cara terakhir untuk menyelidiki kasus seperti itu, yaitu melihat dari luar ke dalam.

Jimmy tentu tak ingin hal itu terjadi. Kemudian ia mengambil catur dan memainkannya bersama Ellie. Ellie meminta Jimmy untuk membuka ikatannya dengan alasan ia tak akan bisa bermain catur dengan tangan terikat. Awalnya Jimmy ragu membuka ikatan tersebut. Ia tahu itu akan membahayakan dirinya sendiri. Namun Ellie yang cerdas mampu membuat Jimmy percaya padanya dan membuka ikatannya.

Bukan hanya kecerdasan pikiran yang dimiliki oleh Ellie, ternyata ia bisa menggerakkan sesuatu dengan kekuatan tangannya tanpa harus menyentuhnya. Dalam permainan catur tersebut, Ellie kalah. Lalu ia marah karena tak terima kekalahannya. Ia meminta Jimmy untuk memainkannya lagi, namun Jimmy  tetap pemenangnya. Dari cara dan teknik yang dimainkan Ellie dalam permainan catur itu, Jimmy semakin yakin bahwa yang menyebabkan Ellie berperilaku seperti itu karena kematian ibunya.

Bagi saya, cerita Prodigy sangat menarik. Film ini sangat psikologikal dan sedikit emosional. Bahwa Ellie sebenarnya hanya lah anak kecil normal yang merasa ketakutan atas apa yang sudah ia perbuat karena telah membunuh ibunya. Permainan kata dalam dialog film ini juga sangat menarik dan intens. Beberapa hal dapat dilihat secara perspektif.

Klimaks film ini epik sekali menurut saya. Dan Savannah Liles memainkan karakter Eleanor atau Ellie dengan sangat baik.

Nilai: 5/5