Furlough (2018)

Furlough merupakan film drama komedi Amerika. Film ini disutradarai oleh Laurie Collyer dan ditulis oleh Barry Strugatz. Furlough dibintangi oleh Tessa Thompson dan 3 aktris peraih academy awards yaitu: Melissa Leo, Whoopi Goldberg, dan Anna Paquin.

Seorang tahanan bernama Joan Anderson harus cuti (furlough) pulang ke rumahnya karena ibunya yang sedang sekarat. Usia Anderson sekitar 50an dan ia memiliki banyak catatan kriminal. Di usia yang tak muda lagi, Anderson terbilang wanita yang masih aktif, cerdik, dan agak “nakal”.

Seorang polisi wanita, Nicole Stevens (Tessa Thompson), ditugaskan oleh atasannya untuk mendampingi Anderson pulang menemui ibunya. Atasan Stevens menyebut hal itu dengan pembebasan dalam pengawasan 36 jam.

Memiliki seorang ibu, (Whoopi Goldberg), yang menderita diabetes dan butuh penanganan khusus, sebenarnya agak berat buat Stevens untuk melakukan tugas itu. Namun demi pekerjaan dan perintah ia harus melakukannya.

Tentunya, perjalanan Stevens tak mudah mendampingi Anderson yang “nakal” dan cerdik. Andersons mencoba kabur 2x ketika Stevens beberapa kali harus menerima panggilan telepon dari ibunya. Anderson mengelabui Stevens dengan berpura-pura terselip lidah dan ditolong oleh dokter hewan (Edgar Ramirez) yang sudah ia ajak kompromi sebelumnya. Stevens mendatangi alamat dokter tersebut dari kertas resep yang diberikannya untuk membohonginya menebus obat yang dibutuhkan Anderson. Sialnya, dokter tersebut sudah tak tinggal di gedung tempat dimana alamat itu tertera dalam kartu tersebut.

Bukan hanya kehilangan Anderson, baterai telepon seluler Stevens pun habis. Lalu ia meminta pada manajer gedung itu untuk memberinya izin mengisi baterai telepon selulernya di ruangannya. Pada momen itu, Stevens dan manajer gedung berkenalan, mengobrol sedikit, dan bertukar nomor. Dari kejadian ini, terlintas dalam pikiran saya bahwa:

Selalu ada hal baik dalam situasi buruk sekalipun.

Karena dari pertemuan itu, Nicole Stevens mulai memikirkan hidupnya sendiri selain mengurusi ibunya.

Cerita Furlough simpel, ringan, lucu (sedikit), namun sedih di akhir cerita.

Secara keseluruhan film Furlough cukup menghibur. Apalagi di setiap adegan yang menampilkan Whoopi Goldberg. Sayangnya, ia hanya tampil dalam 3 adegan saja.

Nilai: 3/5