Benji (2018)

Benji merupakan film anak dan keluarga yang diproduksi oleh Netflix. Film ini diangkat berdasarkan film 1974 yang ditulis oleh Joe Camp. Film Benji disutradarai dan ditulis oleh Brandon Camp.

Benji mengisahkan tentang seekor anjing pintar yang ditemukan oleh 2 anak kecil kakak beradik Carter (Gabriel Bateman) dan Frankie (Darby Camp).

Pada perjalanan pulang sekolah, Carter bertemu dengan seekor anjing yang nampak tak terurus di jalan dan tak ada pemiliknya. Anjing itu menarik perhatian Carter. Ketika Carter mendekat pada anjing tersebut, sang anjing malah menjauh dan bersembunyi. Ia nampak takut dan malu. Lalu Carter meletakkan 3 buah stroberi untuk sang anjing makan.

Sang anjing mengikuti Carter dan Frankie menuju rumah mereka. Hal itu membuat Carter dan Frankie sangat bersemangat untuk memelihara anjing itu. Mereka mandikan sang anjing dan memberikan nama anjing tersebut. Benjamin atau disingkat menjadi Benji adalah nama yang diberikan untuk sang anjing. Mereka pikir nama itu cocok untuknya yang terlihat:

He is old and new at the same time.”

Namun masalah muncul di benak mereka ketika ibu mereka, Mrs. Hughes (Lacy Camp), yang bekerja sebagai seorang polisi tidak pernah menyetujui mereka memiliki peliharaan di rumah.

Secara diam-diam mereka menyembunyikan Benji. Akan tetapi akhirnya Mrs. Hughes tahu keberadaan anjing tersebut. Ia marah dan meminta Carter untuk membuang Benji. Carter menuruti perintah ibunya. Dengan sangat berat hati ia membuangnya di jalan.

Carter dan Frankie selalu mendatangi toko jam milik Mr. Sam King (Gralen Bryantz Banks). Mereka mengincar jam tangan milik ayah mereka yang sudah dijual di toko tersebut. Tiba-tiba seorang perampok masuk ke toko jam tersebut dan membawa lari Carter dan Frankie. Sementara Mr. King di sekap di salah satu ruangan. Benji melihat hal itu langsung mengikuti mobil yang membawa mereka dengan mengikuti jejak buah stroberi yang sengaja dibuang di jalan oleh Carter.

Ide cerita film Benji sangat sederhana, yakni hubungan ikatan pertemanan antara seekor anjing dan manusia. Jalan ceritanya hampir sama dengan film-film yang mengangkat isu seekor anjing sebagai pahlawan yang menyelematkan hidup manusia. Akhir cerita film ini sudah pasti bisa ditebak akan berakhir seperti apa.

2 hal yang menarik dari film ini. Yang pertama adalah sang anjing dan 2 anjing pemain pendukung sangat amat pintar. Anjing yang berperan sebagai Benji berakting dengan sangat amat baik dan mengesankan. Yang kedua adalah 4 nama belakang yang sama; Joe Camp (penulis 1974), Brandon Camp (sutradara dan penulis), Lacy Camp (Mrs. Hughes/ibu), dan Darby Camp (Frankie/anak perempuan). Menurut informasi yang saya dapat dari pencarian di Google, Joe Camp adalah ayah dari Brandon Camp. Brandon Camp dan Lacy Camp adalah bersaudara. Sedangkan Darby Camp adalah anak kandung Lacy Camp. Jadi, film ini memang benar-benar film keluarga.

Nilai: 2.9/5