Psychokinesis (2018)

Selain film Train To Busan dan The Mimic (2017) , Psychokinesis adalah film Korea ketiga yang saya tonton. Psychokinesis merupakan film Korea Selatan yang bergenre fantasi laga komedi superhero. Film ini rilis di bioskop Korea Selatan pada 31 Januari 2018. Psychokinesis disutradarai dan ditulis oleh Yeon Sang-ho.

Pyschokinesis mengisahkan tentang seorang laki-laki,  Suk-Hun (Ryoo Seung-Ryong), yang bekerja sebagai sekuriti bank. Suatu siang, setelah ia meminum air dari mata air pegunungan, tiba-tiba ia memiliki kekuatan menggerakkan benda tanpa menyentuhnya. Tak lama setelah kejadian tersebut, Suk-Hun mendapat telepon dari anak perempuannya, Roo-Mi (Shim Eun-Kyung), yang sudah bertahun-tahun tak tinggal bersamanya.

Roo-Mi mengabarkan pada Suk-Hun tentang kematian ibunya. Ibu Roo-Mi meninggal karena membela Roo-Mi pada saat restoran ayam goreng miliknya dipaksa tutup oleh Konstruktor Taishan yang akan menggusur toko Roo-Mi dan toko-toko sekitarnya. Roo-Mi dan beberapa temannya bersikeras tak ingin meninggalkan restoran miliknya. Pada saat bentrokan, ibu Roo-Mi datang membela. Namun keganasan para penggusur membuat ibu Roo-Mi jatuh dan tak sadarkan diri, lalu meninggal di rumah sakit.

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Roo-Mi dibantu oleh pengacara Kim Jung-Hyun (Park Jung-Min). Sementara itu Suk-Hun ingin membantu Roo-Mi dengan kekuatan yang ia miliki. Hubungan Roo-Mi dengan Suk-Hun tidak sangat dekat sejak Suk-Hun meniggalkan Roo-Mi dan ibunya pada saat Roo-Mi masih kecil. Sejak saat itu, Roo-Mi seperti sangat membenci ayahnya. Dengan segala kekuatan yang Suk-Hun miliki dan bantuan yang ia tunjukkan melalui kekuatannya, bahkan Roo-Mi tak merasa bangga padanya. Itu membuat Suk-Hun bersedih. Ia mengatakan pada pengacara Roo-Mi:

Aku hanya ingin memiliki kemampuan menjadi ayah, tapi langit memberikan kemampuan lain.”

Dengan segenap tenaga, kekuatan, daya, dan upaya, Suk-Hun mampu mengusir dan membuat takut para penjaga konstruksi. Namun sayangnya, karena ulah para mafia konstruktor tersebut, apa yang Suk-Hun lakukan dinyatakan melanggar hukum yang membuatnya harus ditahan di penjara.

Gejolak penggusuran semakin memanas. Restoran Roo-Mi dan toko-toko sekitarnya mulai dihancurkan. Suk-Hun mengetahui itu dari berita dan ia tak ingin tinggal diam atas sesuatu yang menimpa anak perempuannya.

Alur cerita Psychokinesis maju. Ide cerita Psychokinesis sama seperti film-film superhero yang pernah ada, yakni menjadi penyelamat atau pahlawan bagi mereka yang membutuhkan bantuan dan dalam kesusahan. Bagi saya yang bukan pecinta film, drama, atau apapun yang berhubungan dengan Korea, cerita Psychokinesis cukup menghibur. Sesuai dengan genrenya, komedi, beberapa adegan membuat saya tertawa kecil.

Nilai: 2.9/5