Outside In (2018)

Outside In merupakan film drama Amerika. Film ini rilis di amerika pada 3o Maret 2018. Sebelum rilis di Amerika, film ini sudah rilis di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 8 September 2017. Outside In disutradarai oleh Lynn Shelton dan ditulis oleh Lynn Shelton dan Jay Duplass yang juga bermain sebagai pemeran utama dalam film ini. Musik dan backsound yang terdengar apik dalam film ini digubah oleh Andrew Bird.

Outside In mengisahkan tentang seorang laki-laki berusia 40 tahun, Chris (Jay Duplass), yang baru keluar dari penjara selama 20 tahun. Ia harus berjuang memulai hidupnya dari awal. Meskipun sudah bebas dari penjara, Chris tidak sepenuhnya bebas. Ia masih dinyatakan bebas bersyarat. Seseorang yang membantunya membebaskan dari penjara adalah mantan gurunya, Carol (Edie Falco).

Sejak pertama kali bertemu lagi dengan Carol, Chris nampak memiliki perasaan lain pada perempuan yang usianya jauh di atasnya. Carol sendiri sudah memiliki suami, Tom (Charles Leggett), dan anak perempuan yang masih sekolah menengah, Hildy (Kaithlyn Dever). Namun selama beberapa tahun belakangan Carol memiliki masalah rumah tangga yang tak kunjung terselesaikan. Hubungan dan komunikasi Carol dengan Tom sangat buruk. Dan itu berimbas pada Hildy, yang lebih senang menghabiskan waktunya di “tempat persembunyian”, di suatu rumah kosong yang ia hias dengan karya seni yang ia miliki.

Sementara itu, tak mudah bagi Chris mendapatkan pekerjaan dengan label mantan narapidana yang tersemat dalam dirinya. Sambil berusaha mendapatkan pekerjaan, Chris selalu berusaha menghubungi Carol. Bahkan ia datang ke rumahnya dan menyatakan bahwa ia mencintainya meskipun Chris tahu bahwa Carol sudah berkeluarga. Ia mengatakan pada Carol bahwa:

I love you. You are only a person I can talk to.”

Carol berusaha mengabaikan perasaannya pada Chris. Di satu sisi, ia ingin menyelematkan pernikahannya. Namun di sisi lain, itu tidak akan berhasil melihat Tom yang nampak tak ada perubahan atau niat untuk memperbaiki pernikahan mereka.

Carol menginginkan Chris datang ke rumahnya untuk bertemu dengan suami dan anaknya. Chris memenuhi keinginan Carol. Dengan pembawaan Chris yang asik, Hildy menyukai Chris. Bahkan ia menunjukkan tempat dimana ia menghabiskan waktu dan ikut berpesta dengan teman Chris sampai mabuk. Mendapati anak perempuannya pulang larut malam dalam mabuk, Carol tak menyukai hal itu. Ia marah sekali pada Chris. Chris meminta maaf, lalu mengajaknya hang out selama seharian.

Alur cerita Outside In maju. Ide cerita film ini tidak biasa, yakni perasaan cinta yang dimiliki mantan murid dengan mantan guru yang terpaut usia cukup jauh. Namun cerita Outside In cukup sederhana, sama seperti cerita-cerita film drama pada umumnya.

Yang bisa saya simpulkan dari akhir cerita kisah ini adalah:

Cinta akan selalu menemukan jalannya. Tak peduli dengan perbedaan usia, pekerjaan, status, atau apapun itu. “

Nilai: 2.8/5