Spinning Man (2018)

Spinning Man merupakan film drama misteri Amerika. Film ini diangkat dari novel The Spinning Man yang ditulis oleh George Harrar dan diadaptasi ke dalam film ini oleh Matthew Aldrich. Spinning Man disutradarai oleh Simon Kaijser. Film ini rilis pada 6 April 2018. Spinning Man dibintangi oleh Guy Pearce, Pierce Brosnan, Minnie Driver, Alexandra Shipp, Odeya rush, dan masih banyak lagi.

Spinning Man mengisahkan tentang seorang profesor filsafat bahasa, Evan Birch (Guy Pearce), yang terhormat dan hidup nampak bahagia dengan istri yang baik dan sangat mencintainya, Ellen Birch (Minnie Driver), dan 2 anaknya yang masih kecil, menggemaskan, dan cerdas, Zelda Birch (Eliza Pryor) dan Adam Birch (Noah Salsbury Lipson), akan tetapi ia melakukan affair dan skandal dengan beberapa mahasiswanya. Evan menjadi tersangka utama atas hilangnya salah satu mahasiswa, Joyce Bonner (Odeya Rush).

Seorang detektif, Robert Malloy (Pierce Brosnan), mendatangi rumah Evan. Beberapa petunjuk tentang hilangnya Joyce mengacu pada Evan. Untuk permulaan, Robert menginterogasi Evan tentang hal-hal umum seperti pekerjaan dan kegiatan yang ia lakukan pada hari bersamaan hilangnya Joyce di danau Hillside. Dengan pembawaan Evan yang cerdas dan santai ia mengatakan pada Evan,

Kau mungkin menganggap filosofi sebagai klarifikasi logis dan pikiran. Tapi aku lebih seperti pengajar ketimbang filsuf yang bekerja.”

Setelah interogasi ke-2 yang dilakukan Robert terhadap Evan di kampus, polisi menyita mobil Evan. Dari sitaan tersebut, bukti-bukti baru muncul. Diantaranya adalah beberapa helai rambut perempuan yang ditemukan di bangku belakang mobil Evan yang sudah dicocokkan dengan DNA keluarga Joyce. Namun bukti tersebut tidak membuat Evan berkata jujur. Mengakhiri pembicaraannya dengan Evan di kelas, Robert mengatakan:

Kebenaran tersembunyi dibalik argumen, analisa, pertimbangan. Pertimbangan menuntun pada kebenaran. Bukan menyembunyikan. Aku selalu berpendapat kebenaran adalah naluriah.”

Sementara itu, Ellen menemukan 1 bukti yaitu make up yang digunakan Zelda yg ia pikir itu adalah make up milik ibunya. Dari situ, Ellen mencari tahu barang-barang lain yang mungkin disembunyikan Evan di meja kerjanya atau di salah satu sudut rumahnya. Ellen menemukan sebuah surat. Pada saat Evan sudah berada di rumah, dengan lembut tanpa menghakimi Evan, Ellen menanyakan tentang apa yang ia temui. Namun Evan tetap tidak mengatakan hal yang sebenarnya. Ia berhasil meyakinkan Ellen bahwa ia berkata jujur.

Sampai pada klimaksnya, pada saat Evan dan Ellen menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan di kampus tempat Evan mengajar, Ellen benar-benar marah dan muak pada perilaku Evan karena ia tidak mengatakan bahwa sesungguhnya Evan sudah ditarik dari kelas. Ellen menumpahkan kekesalannya pada Evan di depan orang banyak. Kemudian mereka keluar dari ruangan tersebut, Ellen masih marah pada Evan. Bahwa sesungguhnya Ellen selalu memaafkan kesalahan yang sudah Evan perbuat sebelumnya. Ia pernah memergoki Evan sedang bercumbu dengan mahasiswanya. Dalam kemarahannya Ellen mengatakan:

You know what you don’t understand. You don’t even care if you did it anymore. I don’t. But it’s a lie you’ve been telling me that nothing happened for so many years. I think I believe it. And I’m terrifying what else you can convince your self up.”

Kata-kata Ellen tersebut membuat Evan ahkirnya mendatangi kantor detektif Robert Malloy.

Alur cerita Spinning Man mundur di awal, tapi kemudian maju. Cerita Spinning Man cukup menarik. Terdapat beberapa permainan kata dan pikiran dalam cerita film ini. Dari awal cerita, konflik, sampai menyelesaikan konflik disajikan dengan sangat detil. Akhir cerita yang bikin penasaran dalam mengungkapkan kasus hilangnya Joyce tidak bisa ditebak.

Cerita Spinning Man memberikan dialog menarik di akhir cerita. Kata-kata tersebut diungkapkan oleh Robert:

……………………………

Aku bukan seorang pendeta yang bisa mengampuni, atau seorang psikiater. Aku sama sepertimu. Seseorang yang mencari bukti.”

Menurut saya, kata-kata Robert tersebut adalah inti dari pesan yang ingin disampaikan dari cerita Spinning Man. Dari kata-kata Robert intinya adalah hukum tak bisa menahan seseorang tanpa bukti yang akurat. Dan kata-kata, “Aku bukan pendeta atau psikiater”, kata-kata tersebut mengacu kepada kejiwaan Evan Birch. Kata-kata tersebut seperti kata-kata sarkastik.

Nilai: 3/5

 

2 thoughts on “Spinning Man (2018)

  • Juli 5, 2018 at 12:28 pm
    Permalink

    btw namanya guy pearce not pierce

    Reply
    • Juli 5, 2018 at 12:55 pm
      Permalink

      Oh iya salah ketik ya. Terima kasih sudah dikoreksi 🙂

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *