Madre (2016)

Madre merupakan film drama thriller Spanyol. Madre adalah bahasa Spanyol yang artinya ibu. Film Madre disutradarai dan ditulis oleh Aaron Burns.

Madre mengisahkan tentang seorang ibu, Diana (Daniela Ramíraz), yang sedang hamil dan memiliki seorang anak autis, Martin (Matías Bassi). Tiap hari Diana hanya disibukkan dengan mengurus Martin yang sering mengamuk. Sedangkan suami Diana, Tomas (Cristobal Tapia Mott), selalu sibuk bekerja dan sering bepergian keluar negara.

Sehari-hari, bila Martin tidak sedang melakukan apapun, tangan dan kakinya harus diikat dan pintu kamarnya dikunci agar ia tak melakukan hal yang akan menyakiti dirinya sendiri atau orang lain. Bila membawa Martin keluar rumah, Diana harus mengikatnya seperti sedang membawa seekor anjing.

Siang itu, setelah Diana memeriksakan kandungannya, ia dan Martin pergi ke supermarket. Di dalam supermarket, tiba-tiba Martin mengamuk dan merusak banyak barang yang ada di sekitarnya. Seorang wanita, Luz (Aida Jabolin), yang bekerja sebagai cleaning service di tempat itu berhasil meredam amarah Martin. Ia mengambil suatu barang, dan dalam sekejap Martin tenang. Luz adalah perempuan tengah baya keturunan Filipina. Ia memiliki anak laki-laki, David (Nicolás Durán). Ia bercerita pada Diana bahwa pada saat kecil David juga anak autis seperti Martin. Namun pada saat besar, kelainan itu hilang.

Diana menceritakan apa yang sudah terjadi pada Tomas yang sedang berada di Jepang melalui video call. Lalu ia menyuruh Diana memperkerjakan Luz untuk menjadi perawat Martin. Hanya dalam beberapa waktu, Luz berhasil membuat Martin menjadi anak yang tenang dan memiliki kemajuan yang signifikan. Hal itu membuat Tomas sangat memuji kerja Luz. Namun di sinilah masalah Diana dimulai.

Meskipun Martin sudah mulai bisa berbicara, namun kata-kata yang diucapkan adalah bahasa Filipina, bukan bahasa ibunya, bahasa spanyol. Luz mengajarkan Martin bahasanya. Untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh Luz dan Martin, Diana mengunduh aplikasi iLinguist yang disarankan oleh temannya, Catalina (Ignacia Allamand). Diam-diam Diana menggunakan aplikasi tersebut pada saat Luz dan Martin berbicara. Luz ternyata mengajarkan Martin hal-hal yang buruk dan membenci ibu Diana juga bayi dalam kandungannya.

Diana menceritakan semua itu pada Tomas. Namun Tomas yang sudah sangat terkesan pada pekerjaan Luz, ia tak mempercayai apa yang diceritakan Diana. Ia malah mengatakan bahwa aplikasi itu salah. Diana akhirnya menghapus aplikasi tersebut (namun di akhir cerita film ini, ia mengunduh kembali aplikasi tersebut). Setelah itu, hal-hal aneh terjadi pada Diana.

Beberapa hari kemudian, Luz membawa anaknya, David bekerja di rumah Diana sebagai pemotong rumput karena pekerja sebelumnya tak bisa datang. Luz bukan hanya meracuni pikiran Martin, ia juga memasukkan sesuatu ke dalam makanan dan minuman yang ia buat untuk Diana yang membuatnya berhalusinasi.

Di kehamilan ke-7 bulan, Diana muntah darah, Dr. Avellan (Cristian Carvajal), yang menjadi dokternya selama ia hamil, menganalisa Diana mengalami iritasi tenggorokan. Tak lama kemudian dari hasil pemeriksaan darah Diana, dokter menanyakan apakah ia mengkonsumsi narkoba. Rambut Diana rontok dan giginya berubah rapuh, dan yang paling menyeramkan adalah terdapat kutu kecil di dalam telinga Diana, serta Martin menggambar tentang pembunuhan berantai di atas kertas dan di langit-langit dinding kamarnya.

Diana sangat marah, akan tetapi dalam keadaan hamil tua dan sendirian ia tak tahu harus melakukan apa. Sementara Tomas pun tak mempercayai semua yang diceritakannya. Ketika Diana sedang bersantai menikmati minumannya, ia bertanya pada David tentang hal buruk yang sudah mereka lakukan pada Martin. Alih-alih mendapat jawaban yang sebenarnya, Diana malah mendapatkan sindiran dari David karena ibunya sudah membuat Martin mengalami banyak perubahan dan menjadi anak yang tenang. David mengatakan pada Diana:

Kau bukan seorang ibu. Kau adalah seorang kolektor yang menginginkan piala yang sempurna, bukan anak-anak.”

Alur cerita Madre maju. Menonton Madre mengingatkan saya pada film A Deadly View (2018). Meskipun ceritanya sama-sama menarik, namun masalah dan konflik yang ada dalam Madre dan A Deadly View sangat berbeda. Akhir cerita Madre berakhir sangat tragis. Saya hanya bisa bilang, “Kasihan Diana. Seorang ibu yang malang”.

Ada 1 hal yang kurang, film ini tidak menceritakan alasan yang melatarbelakangi Luz melakukan hal-hal menyeramkan pada keluarga Diana.

Nilai: 3/5