Wildling (2018)

Wildling merupakan film drama horor fantasi Amerika. Film ini rilis pada 13 April 2018. Wildling disutradarai oleh Fritz Böhm dan ditulis oleh Fritz Böhm dan Florian Eder. Film ini dibintangi oleh Liv Tayler, Brad Dourif (nominasi Academy Award dan Pemenang Golden Globe), Bel Powley, dan masih banyak lagi.

Wildling mengisahkan tentang gadis remaja, Anna (Bel Powley), yang tumbuh menjadi gadis remaja yang tidak wajar karena cerita dan dogma ayahnya (Brad Dourif) semasa Anna masih kecil hingga beranjak remaja. Anna kecil (Aviva Winick), selalu dikurung di loteng oleh ayahnya, dan tak pernah sekalipun keluar dari tempat itu. Sebelum tidur ia selalu didongengkan cerita oleh ayahnya tentang Wildling yang akan memakan anak kecil, dan selalu menyebutkan bahwa Anna lah satu-satunya yang tersisa. Ayahnya mendoktrin  cerita itu ke dalam pikiran Anna kecil dengan cerita-cerita itu hingga remaja. Bahkan ia menyuntikkan cairan ke perut Anna untuk menghambat pertumbuhan kewanitaannya.

Pada saat ayah Anna menembak senapan ke kepalanya, Anna diselamatkan oleh polisi perempuan, Ellen Cooper (Liv Tyler). Namun sang ayah tidak tewas. Anna dan ayahnya dibawa dan dirawat di rumah sakit.

Sementara ayah Anna masih berbaring di rumah sakit, Ellen membawa Anna ke rumahnya dan membantu membuat Anna hidup seperti remaja normal pada umumnya. Ellen Cooper tinggal bersama adik laki-laki yang juga masih remaja, Ray Cooper (Collin Kelly-Sordelet). Ray mengajak Anna berjalan-jalan dan memberi tahu banyak hal. Anna yang tak pernah tahu dunia luar dibuat sangat takjub melihat semua yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

Namun Anna tak bisa lepas dari cerita masa kecilnya tentang Wildling. Tiba-tiba salah satu anggota tubuhnya, yakni giginya tanggal dan berubah menghitam dan tajam. Pada saat salah satu teman Ray, Lawrence (Mike Faist), ingin memperkosanya, Anna tiba-tiba berubah menjadi Wildling.

Menurut saya, rangkaian cerita Wildling tidak terlalu menyajikan hal horor dan tidak menegangkan. Jalan ceritanya bergerak agak lama dan cerita yang disuguhkan pun kurang jelas bagi saya. Tak dijelaskan asal mula Wildling, efek apa yang menjadikan Anna menjadi Wildling.

Hal yang saya tangkap dari cerita film ini adalah jelas sekali bahwa karakter ayah Anna yang “sakit jiwa”. Bagaimana ia memperlakukan Anna dari kecil hingga menjadi Wildling sangat buruk, tak wajar, dan tak masuk akal.

Nilai: 2/5